Sistem Ekskresi Pada Manusia

03 July 2017 - Kategori Blog

Sistem Ekskresi Pada Manusia

Satu diantara system ekskresi pada manusia yaitu system urine. Organ penyusun system urine diantaranya ginjal, ureter, kantung kemih, serta uretra. Ginjal adalah komponen paling utama penyusun system urine. Ginjal kerap dimaksud dengan juga buah pinggang karna letaknya yang ada di samping kanan serta kiri tulang pinggang.

 

Ginjal terdapat di daerah pinggang, tepatnya di perut sisi belakang serta dilindungi tulang rusuk. Bentuk ginjal seperti kacang merah, berwarna merah coklat. Manusia mempunyai 2 buah ginjal, yakni ginjal kiri serta ginjal kanan. Ginjal kanan agak lebih rendah dibanding dengan ginjal kiri karna tertekan oleh hati. Tiap-tiap ginjal beratnya lebih kurang 200g dengan panjang 10 – 15 cm serta tidak tipis 11/2 – 21/2 cm. Dalam satu hari darah melalui ginjal berulang-kali. Darah masuk ginjal lewat arteri ginjal serta meninggalkan ginjal lewat vena ginjal. Rata-rata orang dewasa keluarkan urine 1, 5 liter /hari. Pada umumnya ginjal dibagi jadi 3 bagia, yakni seperti berikut :

1). Kulit ginjal

Kulit ginjal adalah sisi terluar ginjal yang dimaksud dengan juga korteks renalis. Pada kulit ginjal berikut ini berlangsung penyaringan darah. Kulit ginjal tersusun atas glomerulus serta simpai bowman yang membuat kesatuan yang dimaksud tubuh malpighi. Glomerulus yaitu himpunan cabang-cabang yang halus atau anyaman pembuluh darah kapiler dibagian korteks, sedang kapsula bowman yaitu susunan yang melingkupi glomerulus, memiliki bentuk seperti cawan serta berdinding ganda. Pada kulit ginjal ada nefron. Nefron yaitu unit penyaring paling kecil ginjal. Satu ginjal tersususn atas lebih kurang satu juta nefron. Tiap-tiap nefron tersusun atas glomerulus, simpai bowman, saluran berkelok-kelok, Ansa Henle, serta saluran pengumpul ginjal.

2). Sumsum ginjal

Sisi tengah ginjal dimaksud sumsum ginjal atau medula. Sumsum ginjal adalah tempat berkumpulnya pembuluh-pembuluh halus dari simpai bowman. Pembuluh-pembuluh halus itu mengalirkan urine ke saluran yang semakin besar serta bermuara di rongga ginjal. Sistem yang berlangsung pada sumsum ginjal yaitu reabsorbsi serta augmentasi.

3). Rongga ginjal

Sisi terdalam ginjal yaitu rongga ginjal atau yang di kenal dengan pelvis renalis. Peranannya yakni menyimpan urine sesaat sebelumnya di keluarkan lewat ureter.

  1. Peranan ginjal

Peranan dari ginjal yaitu seperti berikut :

Untuk menyaring darah

Osmoregulasi, yakni pembuangan keunggulan air supaya keseimbangan konsentrasi darah terjaga

Pelihara keseimbangan konsentrasi garam-garam spesifik.

Mengekskresikan gula darah yang lebih dari kandungan normal

Menjaga keseimbangan asam serta basa darah

Mengenai beberapa zat yang terdapat dalam urine normal yaitu seperti berikut :

Urea

Amonia

Air

Zat warna empedu (bilirubin serta biliverdin)

Zat yang terlalu berlebih dalam darah seperti vitamin, obat-obatan,

😑
☹️
😐
☺️
😍

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter