Serangga

06 July 2017 - Kategori Blog

Serangga

Serangga (dimaksud juga insecta, di baca ” insekta “, datang dari bhs Latin insectum, satu kata serapan dari bhs Yunani ἔντομον éntomon, ” terpotong jadi bagian-bagian “) yaitu satu diantara kelas avertebrata didalam filum arthropoda yang mempunyai exoskeleton berkitin, badan yang terdiri tiga sisi (kepala, thorax, serta abdomen), tiga gunakan kaki yang pangkalnya menyatu, mata majemuk, serta sepasang antena. Serangga termasuk juga satu diantara grup hewan yang paling bermacam, meliputi lebih dari satu juta spesies serta melukiskan lebih dari 1/2 organisme hidup yang sudah di ketahui. 23 Jumlah spesies yang masih tetap ada diprediksikan pada enam sampai sepuluh juta 245 serta punya potensi mewakili lebih dari 90% bentuk kehidupan hewan yang tidak sama di bumi. 6 Serangga bisa diketemukan di nyaris semuanya lingkungan, walau cuma beberapa kecil yang hidup di lautan, satu habitat yang didominasi oleh grup arthropoda lain, krustasea.

 

Kajian tentang peri kehidupan serangga dimaksud entomologi7 Serangga termasuk juga dalam kelas insekta (subfilum Uniramia) yang dibagi lagi jadi 29 ordo, diantaranya Diptera (umpamanya lalat), Coleoptera (umpamanya kumbang), Hymenoptera (umpamanya semut, lebah, serta tabuhan), serta Lepidoptera (umpamanya kupu-kupu serta ngengat) 8. Grup Apterigota terbagi dalam 4 ordo karna semuanya serangga dewasanya tidak mempunyai sayap, serta 25 ordo yang lain termasuk juga dalam grup Pterigota karna mempunyai sayap 8.

Serangga adalah hewan beruas dengan tingkat penyesuaian yang begitu tinggi. 7 Ukuran serangga relatif kecil serta pertama kalinya berhasil berkolonisasi di bumi

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter