Plasenta Previa Adalah

08 July 2017 - Kategori Blog

Plasenta Previa Adalah

Plasenta previa atau plasenta letak rendah yaitu keadaan saat beberapa atau semua plasenta menutupi mulut rahim. Plasenta atau ari-ari bakal terbentuk serta melekat pada dinding rahim waktu seseorang wanita jadi hamil. Organ ini tersambung dengan bayi lewat tali pusar yang berperan untuk menyalurkan oksigen serta nutrisi untuk bayi, sekalian untuk buang beberapa zat sisa dari darah bayi

Sepanjang masa kehamilan, rahim seseorang wanita bakal berkembang serta plasenta dengan keadaan normal bakal melebar ke arah atas dan menjauhi leher rahim atau serviks. Jika tetaplah ada dibagian bawah rahim atau di dekat serviks, plasenta bisa menutupi beberapa atau semua jalan lahir sang bayi. Keadaan berikut ini yang dimaksud plasenta previa.

Beberapa gejala Plasenta Previa

Plasenta previa termasuk juga keadaan yang tidak sering dihadapi oleh ibu hamil. Namun resiko ini tetaplah mesti diwaspadai karna bisa membahayakan jiwa ibu serta bayi dalam kandungan.

Tanda paling utama plasenta previa yaitu perdarahan tanpa ada dibarengi rasa sakit. Perdarahan itu umumnya berlangsung pada 3 bln. paling akhir saat kehamilan.

Volume darah yang nampak dapat juga enteng sampai kronis. Perdarahan ini biasanya bakal berhenti tanpa ada perlakuan spesial sebelumnya kembali berlangsung pada sekian hari atau sebagian minggu lalu. Beberapa ibu hamil ada juga yang alami kontraksi serta nyeri di punggung atau perut sisi bawah.

Memanglah tidak semuanya ibu hamil dengan keadaan ini bakal alami perdarahan. Tetapi tindak perlakuan simpel, seperti membatasi kebiasaan supaya tidak kelelahan, mesti tetaplah dikerjakan manfaat menghindar komplikasi.

Bila alami perdarahan dalam trimester ke-2 atau ketiga, baiknya Anda selekasnya menghubungi dokter. Ibu hamil yang alami perdarahan hebat disarankan untuk selekasnya ke rumah sakit.

Jika tidak dikerjakan, ibu hamil dengan plasenta previa dapat dibuktikan mempunyai resiko lebih tinggi untuk alami perdarahan sebelumnya serta sesudah kelahiran, kelahiran prematur, dan lepasnya plasenta dari rahim.

Aspek Resiko Plasenta Previa

Penyebabnya tentu plasenta previa belum di ketahui, namun terdapat banyak aspek yang disangka punya potensi tingkatkan resikonya pada ibu hamil. Aspek-faktor resiko itu diantaranya yaitu :

Sempat melakukan operasi pada rahim, umpamanya kuret atau pengangkatan miom.

Sempat alami plasenta previa.

Sempat melakukan operasi caesar.

Sempat alami keguguran.

Merokok.

Berumur 35 th. atau lebih.

Sempat melahirkan.

Sempat melakukan operasi pada rahim.

Memakai kokain.

Sistem Diagnosis Plasenta Previa

Plasenta previa biasanya terdeteksi lewat kontrol USG pada trimester ke-2 (umur kehamilan 18 sampai 21 minggu). Anda akan disarankan untuk melakukan USG transvaginal yang bakal memberi pencitraan yang lebih mendetail. Gabungan ke-2 type USG berikut ini yang bakal menolong dokter untuk meyakinkan diagnosis.

Bila Anda positif terdiagnosis alami plasenta previa, dokter bakal hindari kontrol fisik teratur lewat vagina sepanjang kehamilan. Ini dikerjakan manfaat kurangi resiko perdarahan. Anda juga umumnya bakal kembali melakukan sistem USG sebelumnya melahirkan untuk mengecek tempat plasenta dan detak jantung bayi

 

😑
☹️
😐
☺️
😍

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter