Penyebab Trombosit Turun Drastis

22 October 2018 - Kategori Blog

Bila Anda sempat alami demam berdarah, salah satunya tanda-tanda yang seringkali jadi sinyal dari penyakit ini ialah berkurangnya jumlahnya trombosit. Ya, demam berdarah adalah satu diantara beberapa hal sebagai pemicu trombosit turun yang bisa jadi Anda alami. Lantas apa pemicu lainnya yang dapat membuat trombosit alami penurunan?

 

Penyebab Trombosit Turun Drastis

Apa pemicu trombosit turun?
Keadaan trombosit turun dalam bahasa medis diketahui menjadi trombositopenia. Seorang yang alami trombositopenia, umumnya mempunyai trombosit di tubuhnya tidak lebih dari 150 ribu/microliter.

Pada badan orang yang sehat, jumlahnya trombosit yang normal yakni pada 150 ribu sampai 450 ribu per microliter. Trombosit yang di produksi dalam sumsum tulang ini bertindak terpenting dalam proses pembekuan darah, hingga orang yang alami trombositopenia begitu rawan alami perdarahan.

Pada umumnya, sebagai pemicu trombosit turun yakni:

Trombosit tidak dibuat dalam jumlahnya yang cukuplah oleh sumsum tulang.
Sumsum tulang menghasilkan trombosit dengan jumlahnya yang sesuai dengan, akan tetapi karena satu keadaan trombosit dihancurkan oleh badan.
Trombosit ketahan di limpa yang membengkak, mengakibatkan darah kekurangan trombosit.
Gabungan keadaan diatas dapat juga mengakibatkan tombositopenia berlangsung. Akan tetapi umumnya semasing keadaan yang sudah dijelaskan awal mulanya disebabkan oleh masalah manfaat badan atau penyakit spesifik.

1. Trombosit tidak di produksi dalam jumlahnya yang cukuplah
Sumsum tulang adalah anggota badan yang terbagi dalam sel stem, yakni sel yang bertindak dalam menghasilkan sel darah merah, sel darah putih, serta trombosit. Saat sel stem alami rusaknya, jadi sel darah yang dibuat ikut rusak. Hal itu bisa dikarenakan oleh beberapa keadaan, yakni:

Kanker, seperti kanker darah serta limfoma yang sel kankernya bisa mengakibatkan kerusakan sel sumsum tulang. Diluar itu penyembuhan kanker dapat juga merusak sel stem.
Anemia aplastik. Penyakit anemia aplastik ini adalah masalah sel darah yang langka serta serius.
Paparan bahan kimia beracun seperti pestisida, arsenik, serta benzene bisa perlambat produksi trombosit.
Pemakaian beberapa obat-obatan, perumpamaannya obat diuretik dapat mengganggu produksi trombosit badan.
Infeksi virus, seperti cacar air, gondok, rubella, HIV/AIDS ialah type virus yang dapat mengakibatkan produksi trombosit alami penurunan.
2. Badan merusak trombositnya sendiri
Meskipun telah di produksi dalam jumlahnya yang normal serta cukuplah, kadang badan dapat merusak trombosit dalam darah hingga menyebabkan penurunan kandungan trombosit. Beberapa sebagai pemicu trombosit turun dalam perihal ini ialah:

Penyakit autoimun, dimana skema kebal badan malah menyerang beberapa sel badan yang normal, termasuk juga sel stem. Contoh penyakit autoimun yang bisa saja pemicu trombosit turun, yakni rematik serta lupus eritematosus sistemik.
Obat-obatan, dapat membuat badan jadi ‘bingung’ serta pada akhirnya merusak beberapa sel yang normal. contoh obat-obatan yang mempunyai potensi ini yakni quinine, antibiotik yang memiliki kandungan sulfa, serta beberapa macam antibiotik yang lain (Dilantin, vancomycin, serta fampin).
Infeksi, bakteri serta virus yang menginfeksi serta berkembang di pada tubuh bisa saja pemicu trombositopenia.
Kehamilan. Walau cuma 5% wanita saja yang mungkin alami trombositopenia yang dikarenakan oleh kehamilan. Pemicu keadaan ini juga belum juga didapati dengan tentu.
3. Trombosit ketahan di limpa
Dalam kondisi normal, sepertiga dari keseluruhan trombosit akan ditampung di limpa. Pembengkakan limpa akan menyebabkan makin banyak trombosit yang ketahan di dalamnya. Sesaat, limpa yang abuh dikarenakan oleh beberapa keadaan medis seperti sirosis atau kanker hati.

😡
☹️
😐
☺️
😍