Pengobatan Jerawat Paling Ampuh

22 October 2018 - Kategori Blog

Jerawat atau acne ialah kelainan yang datang dari hormon serta zat pada kelenjar minyak di kulit serta folikel rambut. Aspek ini mengakibatkan pori-pori terhalang serta acne juga muncul. Keadaan ini umumnya muncul pada muka, leher, punggung, dada, serta bahu. Meskipun keadaan ini sebetulnya bukan ancaman kesehatan yang serius, Anda tentu jadi terasa tidak nyaman serta kurang yakin diri.

Pengobatan Jerawat Paling Ampuh

Jika tidak diatasi dengan baik, kulit yang berjerawat dapat mengakibatkan sisa jerawat permanen, flek, serta sisa luka pada kulit. Tidak hanya menahan sisa luka, menyembuhkan kulit jerawatan dapat juga tingkatkan perasaan yakin diri. Lebih detilnya masalah pemicu serta langkah menghilangkan jerawat, baca berikut ini.

Apakah pemicu kulit jerawatan?
Dokter menyangka ada berberapa aspek spesifik yang bisa menyebabkan keadaan ini muncul, yakni:

Penambahan hormon pada saat pubertas (mengakibatkan kelenjar minyak gampang terhalang)
Pergantian hormon waktu kehamilan
Mengawali atau berhenti konsumsi pil KB
Keturunan
Mengkonsumsi obat-obatan spesifik
Riasan muka yang berminyak atau sangat keras untuk kulit
Faktor-faktor bisa jadi memperburuk keadaan ini:

Pergantian hormon pada remaja serta wanita dewasa, umumnya pada 2-7 hari sebelum menstruasi
Polusi serta kelembaban hawa yang tinggi
Pecahkan atau memencet jerawat
Gesekan yang keras pada kulit
Siapa juga bisa mempunyai kulit berjerawat, lepas dari type kelamin serta umur. Keadaan ini biasanya berlangsung pada remaja serta dewasa muda. Seputar 80 % orang berumur 11-30 tahun mempunyai permasalahan kulit di muka ini. Pada banyak orang, muka umumnya akan lebih baik pada umur 30 tahun. Akan tetapi, sebagian orang berumur 40-50 tahun masih tetap mempunyai permasalahan kulit berjerawat.

Apa tanda-tanda serta ciri-cirinya?
Kulit berjerawat tidak cuma dapat mengakibatkan muka jadi tidak mulus, meradang, serta merah. Riset tunjukkan jika beberapa orang yang mempunyai permasalahan kulit ini dapat juga tunjukkan beberapa gejala misalnya:

Keyakinan diri yang rendah. Beberapa orang yang terasa tidak yakin diri karena keadaan kulitnya.
Stres. Beberapa orang dengan muka berjerawat kronis dapat tunjukkan beberapa gejala stres. Bahkan juga beberapa terasa ingin bunuh diri, terpenting pada remaja yang alami bullying (perisakan).
Flek pada kulit. Bintik-bintik bisa muncul saat kulit yang jerawatan telah mulai sembuh. Flek memerlukan waktu beberapa bulan sampai tahunan supaya hilang seutuhnya.
Sisa jerawat permanen. Beberapa orang yang berjerawat batu umumnya mempunyai sisa jerawat permanen. Akan tetapi, Anda bisa mencegahnya dengan berobat ke dokter kulit. Menyembuhkan jerawat sebelum sisanya muncul bisa menahan sisa jerawat.
Kapan saya mesti ke dokter?
Anda mesti berkunjung ke dokter kulit jika:

Cream, gel, serta sabun pembersih biasa yang dibeli di toko atau apotek tidak mempan untuk menghilangkan jerawat.
Keadaan kulit muka Anda ini merubah keyakinan diri serta keadaan mental Anda.
Muncul luka atau sisa jerawat.
Bagaimana dokter mendiagnosisnya?
Dokter akan mengecek keadaan kulit yang jerawatan. Permasalahannya, keadaan atau penyakit lainnya ikut kadang serupa seperti kulit berjerawat. Sesudah memerika keadaan kulit Anda, biasanya dokter akan lakukan:

Memandang jerawat. Grade 1 untuk masalah mudah serta grade 4 untuk masalah peradangan kronis.
Memastikan type jerawat yang muncul pada kulit Anda supaya bisa memastikan penyembuhan yang terunggul.
Apa obat jerawat yang diresepkan dokter?
Permasalahan kulit berjerawat diatasi oleh dokter spesialis kulit alias dermatolog. Penyembuhan ini mempunyai tujuan untuk:

Menyembuhkan kulit berjerawat.
Hentikan perkembangan jerawat baru.
Menahan timbulnya sisa jerawat.
Kurangi perasaan malu karena kulit muka berjerawat.
Penyembuhan untuk komedo blackhead, whitehead, serta peradangan mudah
Dokter umumnya mereferensikan obat bebas atau obat topikal (obat luar/ obat beri) dengan resep untuk masalah peradangan jerawat mudah. Obat-obatan topikal dioles-oleskan langsung pada kulit yang berjerawat atau daerah sekelilingnya.

Ada banyak obat-obatan topikal yang dipakai untuk peradangan mudah. Semasing obat kerja lewat cara yang berlainan. Berikut obat jerawat beri yang sangat umum dipakai:

Benzoyl peroxide untuk membunuh bakteri pemicu kulit berjerawat dan kurangi produksi minyak
Resorcinol bisa merusak komedo serta whitehead.
Asam salisilat menolong merusak blackhead serta whitehead. Dapat juga kurangi pengelupasan susunan sel folikel rambut.
Sulfur menolong merusak komedo serta whitehead.
Obat jerawat dari step tengah sampai kronis dengan resep
Peradangan kulit dalam skala tengah sampai kronis bisa diobati dengan obat-obatan topikal atau obat minum dengan terpisah atau gabungan. Beberapa obat-obatan resep yang diguankan untuk menyembuhkan jerawat, ialah:

Antibiotik. Hentikan atau menghalangi perkembangan bakteri serta kurangi peradangan.
Turunan vitamin A (retinoid). Buka komedo supaya obat-obatan topikal seperti antibiotik dapat masuk ke folikel. Beberapa turunan vitamin A dapat juga kurangi pembentukan komedo. Obat-obatan ini memiliki kandungan bentuk lainnya dari vitamin A.
Obat yang lain yang bisa merusak bakteri serta kurangi produksi minyak, dan menolong hentikan serta menghalangi perkembangan bakteri serta peradangan.
Untuk pasien dengan kulit berjerawat tengah sampai kronis, dokter bisa memberi resep obat antibiotik minum. Antibiotik yang diminum bisa mengatur kulit berjerawat dengan batasi perkembangan bakteri serta kurangi peradangan. Obat jerawat minum yang perlu Anda ketahui seperti berikut:

Tretinoin
Obat jerawat minum tretinoin dipakai untuk bikin pori-pori muka jadi bersih, hingga dapat menahan peradangan yang dikarenakan oleh banyak kotoran di muka. Obat ini pula menolong mendatangkan susunan kulit yang baru, lewat cara pengelupasan.
Sayangnya, resikonya dari tretinoin ini dapat mengakibatkan rambut rontok, sakit kepala, masalah pencernaan, kulit gatal , kembung, kuatir, bersendawa, pergantian mood, pandangan kabur, mual, lemah, muntah, serta susah tidur.

Isotretinoin
Menurut Mayo Clinic, biasanya dokter memberi resep isotretinoin cuma untuk menyembuhkan acne nodular yang mengakibatkan muka memerah serta ngilu karena keadaan kulit yang meradang. Obat ini pula bermanfaat kurangi jumlahnya minyak yang dibuat.

Bactrim
Obat bactrim memiliki kandungan trimetoprim serta sulfamethoxazole, dimana kedua-duanya berperan untuk menangani beberapa type infeksi bakteri pemicu permasalahan kulit muka ini. Beberapa resikonya obat jerawat ini diantaranya mencakup ngilu sendi, insomnia, dering di telinga, lidah abuh, serta pusing.

Ortho Tri-Cyclen
Obat ortho tri-cyclen kerja menyamakan hormon yang menahan kelenjar sebaceous menghasilkan kebanyakan minyak. Masalahnya minyak muka dapat menyumbat pori-pori serta tingkatkan timbulnya masat. Jika Anda perokok aktif serta berumur 35 tahun ke atas, tidak disarankan konsumsi obat ini sebab terdapatnya resiko pembekuan darah.

Langkah menghilangkan jerawat batu
Jerawat batu alias cystic acne tercipta jauh di kulit. Ini dikarenakan oleh penyumbatan oleh sel kulit mati, tetapi juga bisa dikarenakan oleh terperangkapnya bakteri di pori-pori. Mengakibatkan, muncul tonjolan yang merah serta bernanah. Sejumlah besar keadaan ini memunculkan perasaan sakit saat tersentuh, tapi ada pula orang yang mengakui tidak terasa sakit saat didesak atau dipecahkan tonjolan halus di mukanya ini.

Peradangan dapat juga berlangsung. Perihal ini dikarenakan terdapatnya perpecahan pori dibawah kulit, membuat peradangan menebar ke jaringan kulit. Bila hal itu selalu bersambung, bisa menyebabkan peradangan lebih meluas kembali serta cystic acne baru juga muncul.

Keadaan ini bisa mengakibatkan sisa jerawat pada sebagian orang. Anda bisa kurangi sisa dengan tidak pecahkan atau memencet jerawat. Jauhi ikut pemakaian scrub pada kulit. Bila Anda mempunyai sisa jerawat, banyak perawatan yang bisa Anda kerjakan.

Nodul atau jerawat batu mesti diatasi oleh dokter kulit. Untuk pasien dengan keadaan kulit muka meradang yang tidak lebih baik dengan obat-obatan diatas, dokter bisa memberi resep isotretinoin.

Isotretinoin ialah obat minum yang dipakai satu atau 2x satu hari dengan makanan saat 15-20 minggu. Isotretinoin bisa kurangi ukuran kelenjar minyak hingga minyak lebih dikit di produksi. Menjadi hasil, perkembangan bakteri menyusut.

Menghilangkan jerawat karena hormon pada wanita
Dokter bisa memberi resep satu dari beberapa obat untuk mengatasi wanita dengan acne type ini.

Pil KB untuk mendesak produksi androgen oleh ovarium.
Obat kortikosteroid dosis rendah, seperti prednisone atau dexamethasone untuk mendesak produksi androgen oleh kelenjar adrenal.
Obat-obatan antiandrogen seperti spironolactone untuk kurangi produksi minyak berlebihan.

😡
☹️
😐
☺️
😍