Merawat Luka Operasi Agar Cepat Sembuh dan Tidak Infeksi

19 October 2018 - Kategori Blog

Anda yang barusan melakukan operasi tentu bertanya-tanya, kapan jahitan atau perban penutup luka operasi dapat dilepaskan. Perihal ini berlainan pada tiap-tiap orang. Akan tetapi, luka operasi akan makin cepat pulih bila dirawat lewat cara yang pas. Mungkin Anda bingung bagaimanakah cara menjaga luka jahitan operasi yang benar. Diluar itu, takut bila luka operasi malah alami infeksi atau perdarahan.

Merawat Luka Operasi Agar Cepat Sembuh dan Tidak Infeksi

Tenang saja. Tidak susah, kok, menjaga luka jahitan operasi Anda. Ingin tahu bagaimana triknya? Baca keterangan di bawah ini.

Bagaimanakah cara menjaga luka operasi yang baik dan benar?
Bila Anda masih tetap dirawat di ruangan perawatan, jadi Anda tidak butuh cemas pikirkan bagaimana menjaga luka jahitan operasi dengan pas. Karena, umumnya team medis Anda akan dengan berkala mengecek serta ganti perban luka jahitan supaya tidak alami infeksi. Lantas bagaimana bila Anda telah diijinkan pulang? Janganlah kuatir, Anda dapat ikuti beberapa cara ini supaya luka jahitan operasi tertangani dengan baik serta cepat pulih.

1. Lihat saat perban luka jahitan operasi ditukar
Tidak ada kelirunya bila Anda tetap memperhatikan bagaimana perawat atau dokter menjaga luka jahitan operasi Anda saat masih tetap di dalam rumah sakit. Perihal ini akan membuat Anda ketahui manakah beberapa ciri luka operasi yang baik serta tidak. Dari sana, Anda dapat juga memandang, manakah yang baik untuk dikerjakan saat ganti serta menjaga luka jahitan operasi.

2. Yakinkan luka operasi tetap bersih
Anda mesti mengawasi serta menjaga luka jahitan supaya tidak terserang infeksi. Karena itu, yakinkan jika ruang di seputar luka operasi Anda tetap bersih. Janganlah lupa untuk sering-sering bersihkan tangan dengan sabun serta air mengalir sesudah tuntas melakukan aktivitas.

Luka operasi umumnya tidak bisa basah atau terserang air dikit saja, sampai luka kering serta pulih. Karenanya, saat Anda mandi, yakinkan jika luka jahitan Anda sudah dilindungi supaya tidak terserang air.

3. Lihat luka operasi dari ke hari
Lihat luka jahitan Anda. Bila memang Anda tidak bisa ganti perban luka jahitan operasi sendiri, Anda mesti sering-sering hadir ke service kesehatan paling dekat untuk ganti perbannya.

Anda dapat lihat di luar, apa di permukaan perban ada bercak merah atau kuning. Jika salah satunya bercak ini tampak pada perban luka jahitan Anda, jadi mungkin Anda alami perdarahan atau luka jadi bernanah. Selekasnya mencari pertolongan medis untuk menahan infeksi atau perdarahan makin bertambah kronis.

melepas jahitan luka sisa operasi

Berhati-hati, luka operasi dapat terbuka kembali
Bukan mustahil, jahitan luka operasi terbuka pada saat Anda telah di dalam rumah. Ada banyak hal yang dapat Anda kerjakan untuk menahan terbukanya jahitan luka operasi. Lihat beberapa langkah mencegah di bawah ini.

Jauhi mengusung beban yang berat. Umumnya, sesudah Anda melakukan operasi, perihal yang perlu dijauhi ialah mengusung benda dengan beban berat. Untuk tahu sampai kapan serta berapa berat optimal yang diijinkan untuk diangkat, semestinya Anda tanyakanlah pada dokter yang mengatasi Anda. Akan tetapi, supaya aman lebih baik Anda tidak mengusung benda yang mempunyai berat lebih dari dua kg saat dua minggu sesudah operasi.
Kurangi paparan cahaya matahari. Bila luka jahitan sangat sering terkena cahaya matahari, bisa jadi luka itu jadi terbakar matahari serta berasa makin perih.
Jauhi kegiatan yang dapat mengakibatkan infeksi. Janganlah beraktivitas yang mewajibkan Anda kotor-kotoran, seperti berkebun.

😡
☹️
😐
☺️
😍