Manfaat Omega 3

09 July 2017 - Kategori Blog

Manfaat Omega 3

Asam lemak omega-3 terbagi dalam tiga type zat. Minyak ikan memiliki kandungan asam dokosaheksaenoat (DHA) serta asam eikosapentanoik (EPA), dan sebagian kacang-kacangan, biji-bijian, serta tanaman memiliki kandungan asam alfa-linolenik (ALA) yang diolah tubuh jadi asam lemak omega-3. Terkecuali didapat berbahan alami, omega-3 banyak juga di tawarkan berbentuk suplemen.

Menguak Kenyataan Manfaat Omega-3

Bahan makanan serta suplemen yang memiliki kandungan Omega-3 seringkali diakui jadi sumber yang menolong melawan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, menghindar demensia, dan bertindak perlu dalam perubahan janin.

Tetapi sebagian riset yang menyimpulkan hal diatas seringkali tidak digerakkan dengan mekanisme yang pas. Umpamanya jumlah sampel yg tidak penuhi prasyarat serta saat penilaian yang sangat singkat. Di bawah ini yaitu sebagian klaim bersama kenyataannya.

Kurangi resiko penyakit kardiovaskular

Rangkaian riset yang dikerjakan The UK Scientific Advisory Committee on Nutrition temukan kalau mengkonsumsi ikan, terlebih yang memiliki kandungan minyak ikan tinggi, memanglah bisa kurangi resiko penyakit kardiovaskular, dan kurangi resiko stroke. Asam lemak omega-3 juga mempunyai dampak terbatas pada desakan darah.

Diluar itu, mengkonsumsi bahan makanan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 dengan teratur bisa menolong kurangi kandungan trigliserida dalam darah.

Kurangi resiko kanker

Belumlah ada bukti kuat yang tunjukkan kalau omega-3 bisa kurangi resiko kanker. Jadi riset beda temukan kalau mengkonsumsi suplemen omega-3 malah tingkatkan resiko kanker prostat menjangkau 70 %. Riset itu temukan kalau orang yang pada darahnya ada kandungan omega-3 dalam kandungan tinggi, nyatanya berasosiasi dengan penambahan resiko perkembangan kanker prostat sampai 44 %.

Tetapi, mengkonsumsi suplemen omega-3 bisa berguna untuk pengidap kanker fase lanjut dalam tingkatkan nafsu makan serta menolong menambah berat tubuh.

Menolong menghindar demensia

Demensia atau masalah daya ingat, daya berfikir, serta cara berperilaku diklaim bisa dihindari dengan pertolongan mengkonsumsi omega-3. Tetapi kenyataannya riset temukan kalau mengkonsumsi suplemen omega-3 nyatanya tidak menghadirkan manfaat itu pada lanjut usia. Riset

beda juga temukan kalau omega-3 tidak memberi dampak penting pada daya ingat serta daya kognitif pengonsumsinya.

Menghindar hilangnya penglihatan

Riset pada 2008 temukan kalau konsumsi ikan yang berkadar minyak tinggi paling tidak 2 x satu pekan bisa kurangi resiko degenerasi makula (daerah di belakang retina) karna aspek umur. Walau sekian, bukti riset ini masih tetap butuh dikaji selanjutnya.

Meredakan peradangan pada artritis rematoid

The American College of Rheumatology (ACR) menyebutkan ada manfaat terbatas pada mengkonsumsi minyak ikan oleh pengidap artritis rematoid dalam kurangi peradangan. Tetapi hasil ini baru akan merasa berbulan-bulan sesudah penggunaan.

Kurangi resiko depresi

Sebagian riset tunjukkan kalau asam lemak omega-3 bisa menolong mengatasi depresi. Tetapi, seberapa penting dampaknya masih tetap butuh di teliti selanjutnya.

Resiko di Balik Omega-3

Terkecuali beberapa klaim yang nyatanya belum juga dapat dibuktikan kuat, mengkonsumsi omega-3 nyatanya juga mengundang resiko seperti berikut.

Mengkonsumsi omega-3 dalam kandungan tinggi bisa tingkatkan resiko terjangkit stroke hemoragik (pembuluh darah pecah didalam otak).

Suplemen omega-3 berisiko memiliki kandungan merkuri atau vitamin A dalam kandungan yang malah meracuni tubuh. Diluar itu suplemen ini berisiko mengakibatkan masalah pencernaan.

Ikan yang memiliki kandungan omega-3 juga baiknya tidak dikonsumsi terlalu berlebih karna resiko kandungan merkuri di dalamnya. Dianjurkan untuk konsumsi tidak lebih dari 4 jumlah ikan per minggu, terlebih oleh bayi, anak, ibu hamil dan menyusui.

Pada umumnya, omega-3 memanglah mempunyai beberapa manfaat yang menyehatkan tubuh. Tetapi tidak semuanya khasiat yang seringkali dipublikasikan benar ada. Satu hal yang tentu, pilih konsumsi omega-3 berbahan makanan alami dengan kandungan yg tidak terlalu berlebih tambah baik dibanding memperolehnya dari suplemen.

😑
☹️
😐
☺️
😍