Manfaat Buah Pinang

10 June 2017 - Kategori Blog

Manfaat Buah Pinang

Buah pinang telah akrab sejak dahulu mulai sejak zaman nenek moyang. Biasanya buah pinang dipakai untuk nyirih (Jawa : nginang), yakni buah pinang yang dikunyah berbarengan daun sirih serta kapur. Tetapi kenyataannya, orang yang nyirih nyatanya mempunyai gigi yang utuh sampai mereka renta. Gigi tidak keropos, goyah serta terlepas, Apakah benar buah pinang yang bikin cengkeraman gusi pada gigi jadi kuat?,,,, dari dahulu memanglah dipercaya seperti itu.

 

Kebiasaan nyirih konon telah dikerjakan oleh bangsa melayu sejak 500 th. waktu lalu, di daerah asia tenggara yang mencakup Malaysia, Thailand, Srilangka, termasuk juga Indonesia. Walupun saat ini kebiasaan nyirih telah mulai langka karna perubahan alat kesehatan, banyak daerah diindonesia masih tetap ada orang yang masih tetap melindungi kebiasaan ini.

Berdasar pada riset oleh beberapa pakar, yang diambil dari ”The Merck Index”, zat yang terdapat di dalam buah pinang seperti Arecoline yang disebut satu ester metil-tetrahidrometil-nikotinat yang berwujud minyak basa keras. Dahulu, zat itu dipakai berbentuk arecolinum hydrobromicum yang berperan untuk membasmi cacing pita pada hewan seperti unggas, kucing, serta anjing, sebelumnya diketemukannya obat cacing sintetik, seperti piperazine, tetramisole, serta pyrantel pamoate.

Bila manusia rajin konsumsi pinang muda, penyerapan nutrisi oleh badan lewat usus jadi optimal karna bakal terlepas dari cacingan. Zat pada pinang muda berbentuk alami, jadi masih tetap jauh tambah baik serta aman dari pada zat kimia sintetis. Langkah mengonsumsinya begitu gampang, bila buah pinang masih tetap muda, tinggal dikunyah bijinya serta dihisap cairannya. Bila buah pinang telah agak tua, tinggal diremukkan berisi, lalu di rebus serta air hasil rebusannya diminum.

Senyawa kimia yang lain yang terdapat dalam biji pinang yaitu Arecaidine atau arecaine, Choline atau bilineurine, Guvacine, Guvacoline, serta Tannin dari grup ester glukosa yang menggandeng sebagian gugusan pirogalol. Karakter astringent serta hemostatik dari zat tannin berikut ini yang bermanfaat untuk mengencangkan gusi serta hentikan perdarahan.

Buah pinang muda rasa-rasanya yang sedikit asam itu, dipercaya oleh orang-orang Nanggroe Aceh Darusaslam bisa menaikkan atau merangsang vitalitas seksual. Menurut salah seseorang peramu obat tradisional di daerah itu, telah banyak pasien lemah syahwat yang disembuhkannya lewat cara

berikan ramuan buah pinang muda yang digabung dengan bahan ramuan alam yang lain. Pasien lemah syahwat yang telah lama inginkan anak itu, sesudah di beri ramuan dari buah pinang muda dengan kombinasi yang lain, saat ini mereka sudah dianugerahi dua orang anak.

Manfaat buah pinang sangat banyak terlebih jadi obat tradisional,

Pinang terlebih ditanam untuk digunakan bijinya, yang didunia Barat di kenal jadi betel nut. Biji ini di kenal jadi satu diantara kombinasi orang makan sirih, terkecuali gambir serta kapur.

Biji pinang memiliki kandungan alkaloida misalnya arekaina (arecaine) serta arekolina (arecoline), yang sedikit banyak berbentuk toksin serta adiktif, bisa merangsang otak. Sediaan simplisia biji pinang di apotek umum dipakai untuk menyembuhkan cacingan, terlebih untuk menangani cacing pita. 3 Disamping itu, sebagian jenis pinang bijinya menyebabkan rasa pening jika dikunyah. Zat lain yang dikandung buah ini diantaranya arecaidine, arecolidine, guracine (guacine), guvacoline serta sebagian unsur yang lain.

Dengan tradisional, biji pinang dipakai dalam ramuan untuk menyembuhkan sakit disentri, diare berdarah, serta kudisan. Biji ini dapat digunakan jadi penghasil zat pewarna merah serta bahan penyamak.

Akar pinang type pinang itam, di saat lantas dipakai jadi bahan peracun untuk singkirkan musuh atau orang yg tidak disenangi. Pelepah daun yang seperti tabung (di kenal jadi upih) dipakai jadi pembungkus kue-kue serta makanan. Umbutnya dikonsumsi jadi lalapan atau dibikin acar.

Batangnya sering diperjual belikan, terlebih di kota-kota besar di Jawa mendekati perayaan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus, jadi fasilitas untuk lomba panjat pinang. Walau kurang demikian awet, kayu pinang yang tua juga digunakan untuk bahan perkakas atau pagar. Batang pinang tua yang dibelah serta dibuang tengahnya dipakai untuk bikin talang atau saluran air.

 

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter