Macam Macam Phobia

05 July 2017 - Kategori Blog

Macam Macam Phobia

Phobia apa itu sih? Sampai kini orang salah tangkap bakal arti phobia. Phobia dikira jadi rasa ngeri pada suatu hal hal. Hingga beberapa orang dibully waktu alami phobia.

 

Sesungguhnya, phobia berbeda dengan ngeri. Ketidaksamaannya mungkin saja cukup tidak tebal, namun apabila diterangkan dengan simpel, ngeri yaitu perasaan yang muncul dengan alamiah waktu Anda berupaya membuat perlindungan diri. Sedang phobia, yaitu satu perasaan takut yang demikian kuasai diri, serta ketika itu tak ada usaha perlindungan pada sendiri.

Kecenderungan seorang waktu alami phobia yaitu kalut serta lemah. Hingga tampak seperti kehilangan kendari, serta kadang-kadang histeris dan kebingungan.

Ada tiga jenis phobia yang dikelompokkan oleh beberapa pakar, seperti diambil dari WebMD, yakni seperti berikut :

Agoraphobia

Phobia yang nampak saat ada ditempat yang ramai serta penuh orang. Biasanya orang yang menanggung derita phobia sejenis ini bakal berupaya mencari jalan keluar dari keramaian serta mencari tempat yang sepi.

Social phobia

Yaitu phobia yang nampak waktu berjumpa dengan seorang. Orang itu bakal berupaya sebisa-bisanya hindari pertemuan dengan orang lain.

Phobia itu mencakup perasaan takut kalau orang bakal menilainya fisiknya jelek, takut dibicarakan atau takut berlaku buruk

Spesific phobia

Yaitu satu phobia atas satu object atau kondisi. Yang dibagi lagi jadi sebagian phobia khusus, seperti di bawah ini :

  1. Claustrophobia : phobia ada di ruangan yang sempit

Phobia ini nampak waktu seorang ada di ruangan sempit seperti didalam lift, toilet pesawat, kamar mandi yang ukurannya kecil, atau tempat sempit yang lain. Waktu rasakan ketakutan, mereka condong bakal gugup, berkeringat, serta kehabisan nafas.

Disarankan jika ada orang yang menanggung derita claustrophobia, jadi ia diberi tempat duduk di dekat jendela atau tambah baik pilih naik eskalator atau menggunakan tangga.

  1. Zoophobia : phobia bakal hewan tertentu

Zoophobia yaitu rasa takut bakal hewan spesifik dimana waktu mendengar, atau lihat saja telah buat seorang begitu ketakutan. Nah, phobia ini mempunyai sebagian sebutan bergantung pada type hewan yang ditakuti, seperti : arachnophobia – ketakutan pada laba-laba ; ophidiophobia – ketakutan pada ular ; ornithophobia – ketakutan pada burung ; apiphobia – ketakutan pada lebah.

  1. Brontophobia : phobia bakal halilintar/petir

Nama brontophobia di ambil dari bhs Yunani, bronte yang bermakna petir. Mereka yang alami phobia ini umumnya menampik keluar waktu tengah hujan serta ada petir. Mereka sering bersembunyi dibalik pintu sembari tutup kepala dengan tangan atau bantal.

  1. Acrophobia : phobia ketinggian

Mereka yang alami phobia ini begitu takut apabila ada di ketinggian. Umumnya muka mereka bakal begitu tegang, keluarkan keringat dingin, muka bakal jadi pucat serta bahkan juga mematung.

  1. Aerophobia : phobia terbang

Mereka yang alami aerophobia umumnya takut bila mesti naik pesawat terbang. Biasanya phobia ini nampak sesudah ia alami trauma, tak tahu kecelakaan yang dihadapi sendiri atau orang paling dekat, atau alami turbulensi. Biasanya mereka bakal terasa begitu cemas serta terbayang-bayang bakal ada hal jelek yang berlangsung. Mereka juga menginginkan cepat-cepat keluar dari pesawat

 

😑
☹️
😐
☺️
😍

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter