Konstipasi

09 July 2017 - Kategori Blog

Konstipasi

Konstipasi atau sembelit yaitu keadaan susah buang air besar dengan teratur, tidak dapat betul-betul selesai, atau tidak dapat sekalipun. Pada umumnya, seorang dapat dipandang alami konstipasi jika buang air besar kurang dari 3x dalam satu minggu.

Setiap pengidap dapat alami konstipasi dengan tingkat keparahan tidak sama. Ada yang merasakannya untuk saat singkat serta ada pula yang periode panjang atau kritis. Konstipasi kritis umumnya mengakibatkan rasa sakit serta tidak nyaman yang dapat merubah kebiasaan keseharian.

Penyebabnya serta Aspek Resiko Konstipasi

Konstipasi atau sembelit adalah penyakit yang begitu umum serta dapat terkena oleh siapapun. Walau sekian, penyakit ini 2 x semakin banyak dihadapi oleh wanita dari pada pria, terlebih pada saat kehamilan. Lanjut usia termasuk juga grup orang yang seringkali merasakannya.

Penyebabnya konstipasi pada seorang dapat lebih dari satu aspek. Umpamanya, kurang minum, kurang mengkonsumsi serat, pergantian alur makan, dan rutinitas meremehkan hasrat untuk buang air besar, resikonya obat-obatan, serta masalah mental seperti kekhawatiran serta depresi.

Sesaat pada anak-anak, alur makan yang jelek, rasa kuatir waktu memakai toilet, serta problem waktu latihan memakai toilet dapat jadi penyebabnya konstipasi.

Langkah Penyembuhan Konstipasi

Pergantian alur makan serta pola hidup adalah langkah paling utama dalam menyembuhkan konstipasi. Beberapa langkah itu mencakup :

Tingkatkan mengkonsumsi serat /hari dengan bertahap.

Konsumsi semakin banyak air putih.

Seringkali olahraga.

Bila pergantian simpel pada alur makan serta pola hidup tidak dapat menolong, Anda baiknya memperiksakan-diri ke dokter. Sesudah mendiagnosis keadaan Anda, dokter biasanya juga akan memberi obat pencahar untuk memperlancar sistem buang air besar. Langkah ini umumnya efisien, namun badan Anda memerlukan saat sebagian bln. untuk membiasakan diri dengan sistem buang air besar dengan teratur.

Mencegah serta Komplikasi Konstipasi

Di samping merubah alur makan serta pola hidup, Anda dapat juga kurangi resiko konstipasi dengan tidak meremehkan hasrat untuk ke toilet serta mengatur jadwal buang air besar supaya dapat dikerjakan dengan leluasa serta nyaman.

Konstipasi tidak sering mengakibatkan komplikasi. Tetapi bila dihadapi dalam periode panjang, konstipasi bisa mengakibatkan hemoroid atau wasir, impaksi feses (menumpuknya tinja kering serta keras di rektum), sobeknya kulit pada anus, dan prolaps rektum (beberapa usus yang mencuat keluar dari anus karena mengejan).

😑
☹️
😐
☺️
😍

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter