Kista Payudara

06 July 2017 - Kategori Blog

Kista Payudara

Kista payudara yaitu satu penyakit saat didalam payudara ada kantung diisi cairan. Kista membuat tonjolan bulat atau oval, mirip balon yang diisi air. Tonjolan ini bisa terbentuk dalam ukuran kecil atau bahkan juga besar meskipun, dengan diameter sekitaran 1 hingga 2 inci (2. 5 hingga 5cm). Apabila tonjolan memiliki ukuran besar, jaringan payudara yang ada di dekatnya bisa tertekan serta menyebabkan rasa nyeri serta ketidaknyamanan pada payudara.

 

Penyakit ini bisa dihadapi oleh semuanya wanita. Tetapi, sering penyakit ini bakal menyerang wanita yang berusia 35 th. sampai 50 th. yang belum alami menopause. Anda bisa mempunyai satu atau banyak kista. Hal semacam ini mungkin saja cuma Anda dapatkan di satu diantara sisi atau bahkan juga ke-2 payudara Anda. Tetapi, penyakit ini tidak menghadap pada kanker payudara serta termasuk jinak. Umumnya penyakit itu bakal menghilang dengan sendirinya sesudah menopause. Meskipun demikian, jika Anda merasakannya, tambah baik Anda memeriksakan diri ke dokter. Begitu, Anda mungkin saja bisa mendeteksi tonjolan baru pada payudara Anda sekalian tahu pergantian abnormal lain yang mungkin saja tidak Anda rasakan terlebih dulu.

Gejala

Saat kista pada payudara Anda masih tetap memiliki ukuran kecil, Anda mungkin saja akan tidak rasakan sinyal serta tanda-tanda apa pun. Tetapi, jika ukuran kista telah jadi membesar, Anda mungkin saja bakal terasa sakit serta nyeri di daerah payudara Anda. Diluar itu, jika Anda alami kista payudara sebelumnya menopause, umumnya ukuran payudara Anda bakal jadi membesar diikuti dengan rasa nyeri. Tetapi, apabila Anda alami hal semacam ini sesudah menopause, ukuran payudara Anda bakal mengecil diikuti dengan sinyal serta tanda-tanda lain, seperti payudara merasa sakit.

Penyebab

Penyebabnya tentu dari kista payudara masih tetap belum di ketahui. Tetapi, terdapat banyak bukti yang tunjukkan kalau keunggulan estrogen pada badan bisa merangsang jaringan yang ada pada payudara dimana hal tersebut otomatis memainkan peranan dalam perubahan kista pada payudara. Diluar itu, ada pendapat lain yang yakini kalau kista payudara berkembang saat kelenjar serta jaringan ikat pada payudara menghalangi saluran susu. Mengakibatkan, kelenjar serta jaringan ikat itu bakal melebar (dilatasi) serta lalu terisi oleh cairan.

Penyembuhan

Awalannya, dokter bakal lakukan kontrol terlebih dulu untuk mengidentifikasi serta meyakinkan ada tonjolan pada payudara, terutama kista. Umumnya dokter bakal mengulas tentang kisah kesehatan

serta beberapa gejala yang Anda rasakan. Diluar itu, dokter bakal lakukan sebagian type kontrol seperti di bawah ini :

  1. Kontrol payudara

Dokter bakal lakukan kontrol fisik, terutama di bagian payudara Anda untuk lihat adakah tonjolan dalam payudara Anda. Tetapi, kontrol ini tidak bisa memberi hasil yang akurat. Oleh karenanya, dokter bakal lakukan kontrol kelanjutan, yakni dengan lakukan tes pencitraan serta masukan jarum halus (fine-needle aspiration).

  1. Tes pencitraan

Umumnya dokter bakal lakukan tes pencitraan dengan lakukan USG pada payudara. Hal semacam ini bisa menolong dokter untuk lihat keadaan tonjolan yang terbentuk dalam payudara Anda, apakah cair atau padat. Apabila tonjolan berupa cairan, hal semacam ini umumnya menghadap ke penyakit kista. Tetapi, jika tonjolan berupa padat, hal semacam ini umumnya bukanlah kanker, tetapi dapat pula jadi kanker payudara.

  1. Masukan jarum halus (fine-needle aspiration)

Sepanjang lakukan prosedur ini, dokter bakal menambahkan jarum tidak tebal kedalam tonjolan dalam payudara Anda manfaat ambil sampel dari cairan yang ada pada tonjolan itu. Dokter umumnya akan memakai USG untuk memandu peletakan jarum yang pas. Tersebut beberapa hal yang umumnya berlangsung saat lakukan prosedur ini :

  1. Cairan yang di ambil oleh jarum tidak keluarkan darah serta lalu tonjolan dalam payudara menghilang dengan sendirinya. Bila Anda alami hal semacam ini, Anda tidaklah perlu lakukan pengujian serta penyembuhan selanjutnya.
  2. Cairan yang di ambil oleh jarum keluarkan darah serta tonjolan dalam payudara tidak menghilang. Bila Anda alami hal semacam ini, dokter bakal kirim sampel cairan untuk ditest di laboratorium serta memberi referensi pada Anda untuk bertindak kelanjutan, seperti penyembuhan.
  3. Tak ada cairan yang sukses ditarik serta di keluarkan oleh jarum, dokter mungkin saja bakal mengacu Anda untuk lakukan tes pencitraan manfaat mengevaluasi selanjutnya keadaan tonjolan yang terbentuk dalam payudara.

Sesudah lakukan kontrol serta dokter sudah mengetahui ada tonjolan kista dalam payudara Anda, dokter bakal mengacu Anda untuk lakukan penyembuhan. Walau penyakit kista payudara tidak beresiko, tetapi Anda tetaplah mesti lakukan penyembuhan untuk menghindar pembesaran ukuran tonjolan serta kurangi tanda-tanda dari penyakit ini. Umumnya, dokter bakal kuras cairan dalam tonjolan kista

 

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter