Kelenjar Tiroid yang Perlu Anda Ketahui

04 October 2018 - Kategori Blog

Kelenjar tiroid ialah kelenjar kecil dibagian leher yang bermanfaat pada sebagian besar proses di pada tubuh. Kelenjar tiroid di leher membuahkan hormon yang dapat jadi tidak seimbang serta bisa memunculkan penyakit. Hormon ini dapat begitu aktif atau kurang aktif. Bila penyakit homron ini tidak diatasi dengan benar dapat membahayakan serta bsa mengakibatkan pembengkakan kelenjar tiroid di leher.

Kelenjar Tiroid yang Perlu Anda Ketahui

Walau demikian, keadaan ini dapat diobati dengan memakai perawatan rumahan atau obat kelenjar tiroid dari dokter. Artikel ini akan mengulas semua mengenai kelenjar tiroid, penyakit tiroid, beberapa ciri kelenjar tiroid yang alami pembengkakan, serta obat kelenjar tird.

Apakah itu kelenjar tiroid?

Kelenjar tiroid ialah kelenjar kecil berupa kupu-kupu yang terdapat dibagian pangkal leher pas dibawah jakun serta diatas tulang dada. Kelenjar endokrin ialah sisi dari jaringan kelenjar yang susah yaitun skema endokrin.

Lewat hormon yang dihasilkannya, kelenjar tiroid bermanfaat untuk sebagian besar proses metabolisme pada tubuh. Diluar itu, kelenjar tiroid juga mengatur daya pada tubuh, suhu badan, serta perkembangan jaringan badan.

Hormon yang dibuat kelenjar tiroid ini dapat merubah kerja organ badan seperti jantung, pencernaan, otot, serta skema saraf.

Apakah itu penyakit tiroid?
Penyakit tiroid ialah permasalahan umum yang mengakibatkan tidak seimbangan hormon tiroid pada tubuh Anda. Penyakit tiroid ini berlangsung saat kelenjar tiroid di leher kurang menghasilkan hormon atau jadi kurang aktif (hipotiroid), kebanyakan menghasilkan hormon atau sangat aktif (hipertiroid), membengkak atau gondok.

Penyakit tiroid ini lebih umum berlangsung pada wanita dibanding pada pria. Penyakit tiroid dapat juga merubah kebanyakan orang pada umur berapakah pun

Walau dampak dari penyakit tiroid dapat membuat Anda tidak nyaman, tetapi sejumlah besar keadaan karena masalah kelenjar tiroid ini bisa diatasi dengan baik bila didiagnosis serta dirawat dengan benar.

Pemicu penyakit tiroid

 

Penyakit tiroid pada umumnya dikarenakan oleh produksi hormon yang dibuat kelenjar ini tidak mencukupi untuk bekerja sesuai dengan fungsinya.

Saat kelenjar tiroid di leher Anda tidak membuahkan cukuplah hormon, kesetimbangan reaksi kimia pada tubuh Anda bisa terganggu. Ada banyak pemicu, termasuk juga penyakit autoimun, penyembuhan untuk hipertiroidisme, therapy radiasi, operasi tiroid serta obat-obatan spesifik.

Hormon yang dibuat oleh kelenjar tiroid ialah triiodothyronine (T3) serta tiroksin (T4). Ke-2 hormon ini mempunyai efek yang besar sekali pada kesehatan Anda serta merubah semua segi metabolisme Anda.

Hormon yang dibuat kelenjar tiroid di leher juga mengatur pemakaian lemak serta karbohidrat pada tubuh, menolong mengatur suhu badan Anda, merubah denyut jantung Anda, serta menolong mengatur produksi protein.

Penyakit tiroid dapat juga dikarenakan oleh infeksi, seperti virus atau bakteri, yang bekerja lewat cara yang sama dengan anti-bodi mengakibatkan peradangan pada kelenjar. Obat-obatan seperti interferon serta amiodarone, didapati mengakibatkan rusaknya beberapa sel tiroid serta mengakibatkan penyakit tiroid.

Diluar itu, kelenjar tiroid yang membuahkan hormon semakin banyak atau sangat aktif (hipertiroidisme) biasanya dikarenakan oleh penyakit Graves, gondok multinoduler toksik, serta adenoma toksik, meskipun ada banyak penyakit lainnya yang dapat mengakibatkannya.

Apa tanda-tanda penyakit tiroid?

 

Hipertiroid
Tanda-tanda penyakit kelenjar tiroid karena hipertiroid terdiri jadi dua yakni tanda-tanda umum serta tanda-tanda spesifik pada organ badan dimana hormon ini bekerja.

Tanda-tanda umum dari hipertiroid yakni tidak tahan pada hawa panas, gampang capek, leher jadi membesar, penurunan berat tubuh, seringkali lapar, seringkali buang air besar.

Sesaat, tanda-tanda spesifik dari hipertiroid diantaranya:

Skema pencernaan: banyak makan, haus, muntah, susah menelan, pembesaran limfa.
Skema reproduksi: masalah siklus haid, penurunan libido, kemandulan, ginekomastia pada lelaki.
Kulit: keringat terlalu berlebih, kulit basah, rambut rontok.
Psikis serta saraf: labil, gampang tersinggung, susah tidur, tangan gemetar.
Jantung: jantung berdebar-debar, masalah irama jantung, hipertensi, tidak berhasil jantung.
Skema otot serta tulang: gampang capek, ngilu tulang, osteoporosis.
Pada hipertiroid yang dikarenakan oleh penyakit Graves, umumnya diketemukan tanda-tanda lainnya, seperti pembengkakan di tulang kering kaki, bola mata yang menonjol, penurunan pandangan, pandangan ganda serta luka di kornea mata.

Hipotiroid
Tanda-tanda penyakit kelenjar tiroid di leher karena sangat dikit hormon yang dibuat (hipotiroid) dapat beragam, bergantung pada tingkat keparahannya. Akan tetapi, pada umumnya tanda-tanda hipotiroid condong berkembang perlahan-lahan, seringkali saat beberapa waktu.

Awalannya mungkin Anda tidak mengerti tanda-tanda hipotiroid, seperti kecapekan serta kenaikan berat tubuh. Akan tetapi, makin lama keadaan ini akan membuat proses metabolisme Anda selalu melambat. Bila ini berlangsung, Anda akan makin rasakan tanda-tanda yang lebih jelas.

Tanda-tanda hipotiroid mungkin termasuk juga kecapekan, lebih peka pada hawa dingin, sembelit, kulit kering, muka membengkak, nada serak, otot melemah, kandungan cholesterol bertambah, ngilu otot, kekakuan, sendi membengkak atau kaku, periode menstruasi tidak teratur serta berasa lebih berat, rambut tipis, denyut jantung melambat, depresi, datau masalah memori.

Bila hipotiroid tidak diobati, sinyal serta tanda-tanda akan makin kronis. Stimulasi kelenjar tiroid untuk melepas semakin banyak hormon bisa mengakibatkan kelenjar tiroid membengkak (gondok).

Diluar itu, Adna akan jadi pelupa, lamban dalam berfikir, atau terasa stres.

Hipotiroid yang berkepanjangan, atau diketahui menjadi myxedema, jarang berlangsung, tapi saat keadaan ini berlangsung bisa meneror jiwa. Gejalanya termasuk juga desakan darah rendah, penurunan pernafasan, penurunan suhu badan, lamban dalam menanggapi serta bahkan juga koma. Dalam masalah yang ekstrim, myxedema dapat menyebabkan fatal.

Pembengkakan kelenjar tiroid
Pembengkakan kelenjar tiroid di leher atau diketahui dengan gondok, umumnya tidak memunculkan perasaan ngilu. Tanda-tanda gondok yang lain bergantung dari penyakit tiroid sebagai sebabnya. Tidak tahu itu hipotiroid atau hipertiroid.

Beberapa ciri kelenjar tiroid yang alami pembengkakan sebab keadaan hipotiroid, diantaranya:

Lemas
Berat tubuh makin bertambah dengan nafsu makan yang menurun
Tidak tahan dingin
Kulit kering serta rambut rontok
Seringkali terasa ngantuk
Sembelit (sulit buang air besar)
Emosi tidak konstan serta seringkali lupa
Manfaat pandangan menurun
Manfaat pendengaran menurun
Sesaat, pada beberapa ciri kelenjar tiroid yang alami pembengkakan sebab keadaan hipertiroid, ciri-cirinya berkebalikan diantaranya:

Berat tubuh menurun
Tidak tahan panas
Perasaan cemas
Seringkali terasa deg-degan
Tremor (getaran anggota badan tiada diakui, umumnya sangat jelas tampak pada tangan)
Hiperaktif
Pada gondok, untuk tahu apa diketemukan keadaan hipotiroid atau hipertiroid, diperlukan kontrol kelanjutan untuk mengecek kandungan hormon yang dibuat kelenjar tiroid di leher. Gondok memerlukan perlakuan medis, dari mulai minum obat kelenjar tiroid s/d aksi operasi. Gondok tidak dapat hilang dengan sendirinya.

😡
☹️
😐
☺️
😍