Infeksi Kandung Kemih

09 July 2017 - Kategori Blog

Infeksi Kandung Kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) yaitu keadaan saat organ yang termasuk juga kedalam system kemih, yakni ginjal, ureter, kandung kemih, serta uretra, alami infeksi. Infeksi saluran kemih bisa berlangsung pada siapapun. Walau demikian, karna tubuh wanita mempunyai saluran uretra yang lebih pendek, jadi wanita lebih rawan alami infeksi saluran kemih.

Bermula dari ginjal, kotoran didalam darah disaring serta di keluarkan berbentuk air urine. Lalu urine itu dialirkan dari ginjal lewat ureter menuju tempat penampungan yang dimaksud kandung kemih. Sesudah ditampung, urine lalu dibuang dari tubuh lewat saluran pelepasan yang dimaksud uretra.

Berdasar pada tandanya, ISK bisa dibagi jadi dua, yakni ISK sisi bawah serta ISK sisi atas. ISK sisi bawah adalah infeksi yang berlangsung pada uretra serta kandung kemih (sistitis). Tanda dari keadaan ini mencakup rasa menginginkan senantiasa buang air kecil, nyeri atau perih waktu buang air kecil, warna urine yang keruh, serta bau urine yg tidak enak. Sedang ISK sisi atas adalah infeksi yang berlangsung pada ureter serta ginjal. Tanda dari keadaan ini mencakup nyeri di bagian selangkangan, mual, serta demam.

Penyebabnya Infeksi Saluran Kemih

Beberapa besar masalah ISK dikarenakan oleh bakteri Escherichia coli atau E. coli yang biasanya hidup didalam saluran cerna. Diprediksikan bakteri ini masuk kedalam saluran uretra seorang saat kurang baik dalam lakukan pembersihan sesudah buang air besar ataupun kecil. Umpamanya ketika kertas toilet yang dia pakai untuk bersihkan anus ikut menyentuh organ kelaminnya, jadi bakteri bisa masuk ke saluran kemih. Dalam masalah begini wanita lebih rawan terserang ISK karna jarak uretra dengan anus pada tubuh mereka lebih dekat serta pintu uretra yang dekat dengan kandung kemih.

ISK dapat juga dikarenakan oleh iritasi sesudah terkait seksual serta karena terganggunya kemampuan pengosongan urin oleh keadaan spesifik (contoh, pada sumbatan saluran kemih karena batu ginjal).

Diagnosis Infeksi Saluran Kemih

Terkecuali mengecek kisah kesehatan pasien serta bertanya beberapa gejala yang dirasa, usaha mendiagnosis ISK dapat juga dikerjakan lewat sebagian tes untuk lihat ada bakteri atau masalah didalam organ-organ saluran kemih. Sebagian type tes tersebut di antaranya seperti tes urine serta darah, kontrol dengan memakai CT scan, sistoskopi, dan USG.

Penyembuhan Infeksi Saluran Kemih

Pengobatan ISK bisa dikerjakan dengan memakai obat-obatan antibiotik yang diresepkan oleh dokter. Terkecuali antibiotik, obat pereda nyeri seperti parasetamol juga mungkin saja dibutuhkan untuk meredakan demam atau rasa sakit yang ada.

ISK yang termasuk enteng umumnya pulih sesudah sekian hari dikerjakan penyembuhan. Tetapi bila termasuk kronis, pasien akan memerlukan rawat inap sekian hari dirumah sakit.

Komplikasi Infeksi Saluran Kemih

Tanganilah secepat-cepatnya bila Anda mulai rasakan tanda infeksi saluran kemih (ISK). Bila ISK dilewatkan berlarut-larut tanpa ada diobati, terlebih bila Anda seringkali merasakannya, bukanlah

mustahil ISK bisa menyebabkan komplikasi yang termasuk serius, umpamanya masalah pada ginjal serta sepsis.

 

😑
☹️
😐
☺️
😍