Gejala Flu Singapura

09 July 2017 - Kategori Blog

Gejala Flu Singapura

Flu Singapura atau umum juga dikenal dengan penyakit Kaki, Tangan, serta Mulut adalah infeksi menyebar yang dikarenakan oleh virus. Penyakit ini umumnya menyerang anak kecil namun dapat pula berlangsung pada seorang dewasa.

Pengidap flu Singapura umumnya alami bintil-bintil air serta luka-luka di sekitaran atau di mulut, tangan serta kaki. Namun, kadang-kadang luka-luka itu juga keluar di siku tangan, pantat, lutut, serta lipat paha.

Tanda Flu Singapura

Waktu inkubasi flu Singapura berjalan lebih kurang 1 minggu sebelumnya timbulnya sinyal serta tandanya, yakni :

Demam tinggi.

Sakit tenggorokan.

Hilangnya nafsu makan.

Keluar luka seperti melepuh berwarna merah di lidah, gusi, serta sisi dalam pipi.

Ruam merah

Bayi serta balita juga akan rewel serta gampang geram.

Sakit perut.

Muntah.

Batuk.

Biasanya, penyakit flu Singapura dengan diawali timbulnya demam. Kemudian, sekitaran satu atau dua hari, juga akan keluar tukak atau luka di sekitaran gusi, lidah, serta pipi sisi dalam. Keadaan berikut yang dapat buat Anda kesakitan waktu minum, makan, atau menelan. Tidak lama sesudahnya, ruam keluar di sekitaran telapak tangan serta kaki, dan kadang-kadang pada pantat serta selangkangan.

Umumnya masalah flu Singapura, pasien tidak memerlukan pertolongan medis, karna beberapa gejala penyakit juga akan mereda dengan sendirinya kurun waktu tujuh hari tanpa ada perlakuan apapun. Namun bila pasien alami dehidrasi, tanda tidak lebih baik kurun waktu 1 minggu, serta keluar tanda fisik yang lain, selekasnya berkonsultasi dengan dokter.

Penyebabnya Flu Singapura

Grup virus bernama enterovirus A sebagai penyebabnya flu Singapura. Virus coxsackie A16, A6, A10, serta enterovirus 71 yaitu beberapa jenis enterovirus A yang seringkali mengakibatkan timbulnya flu Singapura.

Virus type ini menebar ke jaringan di mulut, sekitaran amandel, serta masuk kedalam system pencernaan. Sampai pada akhirnya menebar ke semua badan lewat aliran darah. Walau demikian sebelumnya virus menebar ke organ-organ vital, system imunitas badan juga akan mengaturnya.

Sumber paling utama penebaran grup virus ini yaitu lewat mulut. Penebaran flu Singapura dari satu orang ke orang yang lain yaitu kontak segera dengan pasien, lewat :

Cairan dari hidung ataupun tenggorokan yang keluar waktu bersin.

Air liur atau ludah yang terlempar ke hawa waktu batuk.

Cairan yang datang dari luka melepuh.

Permukaan benda yang telah terkontaminasi oleh kotoran pasien (tinja).

Diagnosis Flu Singapura

Sinyal serta tanda flu Singapura dapat dikarenakan oleh beragam jenis virus. Ada banyak hal yang dapat membedakan tanda flu Singapura dengan penyakit yang lain, yakni :

Alur dari tanda yang berlangsung. Posisi terjadinya beberapa gejala dapat memastikan apakah seorang tertimpa flu Singapura atau tidak. Tanda flu Singapura umumnya diawali dengan demam serta sakit tenggorokan. Lalu dibarengi timbulnya luka-luka di mulut, dan ruam pada tangan serta kaki.

Umur pasien. Flu Singapura biasanya berlangsung pada anak berumur dibawah 10 th..

Bentuk serta ukuran luka. Ukuran luka dapat membedakan flu Singapura dari penyakit yang lain. Flu Singapura miliki ukuran luka lebih kecil dari cacar.

Hasil pelajari banyak hal diatas umumnya cukup untuk jadi bahan diagnosis dokter. Tetapi bila masih tetap belum juga percaya, dokter umumnya juga akan ambil sampel cairan (dari kulit, tenggorokan, atau rektum), darah, atau tinja untuk di teliti di laboratorium.

Penyembuhan serta Mencegah Flu Singapura

Biasanya, flu Singapura tidak memerlukan penyembuhan. Keadaan ini umumnya sembuh dengan sendiri sesudah lebih kurang 1 minggu. Flu Singapura dikarenakan oleh virus, jadi Anda tidak dapat konsumsi antibiotik untuk meredakannya. Tetapi, Anda dapat lakukan sebagian perawatan sendiri untuk meredakan beberapa tandanya :

Untuk meredakan rasa nyeri serta demam, beri paracetamol atau ibuprofen. Janganlah beri aspirin pada pasien anak-anak serta remaja dibawah umur 16 th., karna berisiko menyebabkan penyakit sindrom Reye.

Beristirahat seperlunya serta beri banyak minuman dingin untuk kurangi rasa sakit pada tenggorokan.

Janganlah memberi makanan atau minuman asam serta pedas, karna dapat buat luka di mulut serta juga akan merasa lebih perih. Beri makanan lunak dan sup, karna keadaan ini juga akan buat mereka kesusahan dalam menelan.

Melindungi kebersihan badan bisa kurangi resiko penebaran virus Flu Singapura. Memakai antiseptik yang memiliki kandungan povidone – iodine bisa menghindar serta menangani terjadinya infeksi sekunder oleh bakteri. Menurut satu riset, povidone – iodine bisa membunuh 99. 99% virus HMFD/Flu Singapura kurun waktu 15 detik. Antiseptik povidone – iodine ada berbentuk larutan untuk kulit ataupun larutan kumur, hingga bisa dipakai untuk luka gesek atau luka garukan pada lepuh flu Singapura yang biasanya diketemukan di mulut, tangan atau kaki.

Untuk kurangi resiko penebaran flu Singapura, ada cara-cara yang dapat dikerjakan :

Mengisolasi pasien flu Singapura. Flu Singapura begitu gampang menyebar, oleh karenanya penderitanya dianjurkan untuk diisolasi sampai pulih.

Bersihkan beberapa ruang yang dicurigai terkontaminasi virus. Bersihkan beberapa ruang yang dicurigai terkjontaminasi virus (baju, seprei, meja, perlengkapan makan) memakai air serta sabun.

Jaga kebersihan tangan. Bersihkan tangan dengan memakai antiseptik, seperti larutan yang memiliki kandungan povidone – iodine. Terkecuali membunuh bakteri yang bisa mengakibatkan infeksi sekunder, povidone – iodine juga mempunyai dampak mematikan virus (virucidal) yang lebih luas dari pada antiseptik type beda. Cuci tangan dengan teratur, terutama sesudah BAB, sesudah ganti popok anak, sesudah mempersiapkan makanan, serta sebelumnya makan.

Sampaikan pada anak bagaimana melindungi kebersihan anggota badannya sendiri, sebab anak-anak dibawah 10 th. riskan tertular flu Singapura.

Jauhi sharing perlengkapan ataupun mencium anak yang tengah menanggung derita flu Singapura.

 

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter