Efek Samping Daun Sirsak

16 March 2016 - Kategori Blog

Efek Samping Daun Sirsak

efek samping daun sirsak

Sebagaimana kita ketahui selama ini daun sirsak dikenal sebagai obat yang mujarab untuk mengobati penyakit kanker. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat dari daun sirsak dipercaya dapat menghambat dan membunuh pertumbuhan sel kanker. Selain itu rebusan daun sirsak juga dapat menyembuhkan hipertensi, gejala asam urat, dan berbagai penyakit lainnya. Namun selain manfaatnya yang dapat dijadikan sebagai penyembuh berbagai macam penyakit ada juga beberapa efek samping daun sirsak yang mungkin belum kita ketahui.

Efek samping daun sirsak ini berlaku jangka panjang dan ternyata sangat beresiko bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan daun sirsak mengandung senyawa tenin yang cukup tinggi dan kandungan asamnya sangat tinggi. Berikut beberapa ulasan mengenai bahaya air rebusan daun sirsak untuk jangka panjang :

1. Meningkatkan Asam Lambung
Lambung merupakan bagian organ dalam tubuh sebagai tempat mencerna makanan. Dalam lambung menghasilkan asam yang dapat membantu proses pencernaan. Kandungan asam yang ada pada daun sirsak dapat meningkatkan asam lambung, hal ini bisa membahayakan karena asam yang berlebihan bisa sampai ke tenggorokan jika sudah sampai ke tenggorokan maka akan sulit memasukkan makanan ke lambung. Jika kita mengalami hal tersebut, untuk mengatasinya kita bisa meminum obat untuk menurunkan asam lambung dan mengurangi minum rebusan daun sirsak.

2. Kekurangan Cairan atau Dehidrasi
Rebusan daun sirsak mampu mengeluarkan racun – racun dalam tubuh. Membakar racun – racun dan senyawa yang tidak baik dalam tubuh. Namun hal tersebut dapat mengakibatkan keringat yang berlebih dari pembakaran tersebut. Selain berekeringat, meminum rebusan daun sirsak juga dapat mengakibatkan diare. Feses yang dikeluarkan pun biasanya berbentuk cair. Sehingga tubuh menjadi kekurangan cairan dan mengakibatkan dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan tubuh lemah dan bisa membuat pingsan. Hal ini wajar karena terlalu sering dan banyak mengeluarkan cairan. Jika mengalami hal ini kita perlu banyak meminum air putih untuk mengembalikan cairan dalam tubuh dan untuk sementara hentikan meminum rebusan daun sirsak.

3. Suhu Tubuh Meningkat
Setelah meminum rebusan daun sirsak akan terjadi pembakaran racun – racun dan senyawa yang tidak baik untuk tubuh. Sehingga suhu tubuh meningkat drastis. Jika meminum rebusan daun sirsak tubuh Kita terasa panas namun kita tidak berkeringat, Kita perlu melakukan aktifitas – aktifitas yang memicu keringat. Namun jika tubuh kita tetap terasa panas, Kita perlu konsultasi ke dokter.

4. Gangguan Pencernaan
Meminum rebusan daun sirsak dapat mengganggu pencernaan karena senyawa pada daun sirsak dapat mempengaruhi lendir pada usus. Akibatnya usus kesulitan dalam menyerap sari makanan. Kondisi ini menyebabkan kesulitan BAB atau sembelit. Jika tubuh sudah kesulitan mengeluarkan feses bisa berakibat wasir atau penyakit lainnya yang membahayakan. Maka dari itu jika Kita sedang menjalankan pengobatan menggunakan air rebusan daun sirsak dianjurkan banyak mengkonsumsi makanan – makanan berserat tinggi.

5. Penyakit Sendi dan Otot
Air rebusan daun sirsak ternyata juga dapat membuat persendian terasa pegal – pegal dan otot terasa sakit. Namun biasanya hal ini terjadi pada orang dewasa yang memang pernah memiliki sakit sendi dan otot. Nah air rebusan daun sirsak ini dapat memperburuk keadaan tersebut. Jika kita mengalami persendian dan otot kita terasa sakit dan pegal – pegal ketika mengkonsumsi air rebusan daun sirsak ada baiknya Kita menghentikan mengkonsumsinya.

Itulah beberapa efek samping daun sirsak yang dapat membahayakan tubuh. Daun sirsak memang bagus untuk pengobatan namun perlu Kita ketahui juga bahayanya. Alih – alih ingin menyembuhkan penyakit, ehh malah timbul penyakit baru. Sekian dari saya semoga dapat bermanfaat.

SUMBER INFORMASI :

SUMBER INFORMASI :
• http:// efeksamping.com/3-efek-samping-daun-sirsak-yang-tidak-kita-ketahui/
• http:// halosehat.com/farmasi/herbal/efek-samping-daun-sirsak
• http:// khasiatmanfaatdaunsirsak.blogspot.co.id/2015/03/efek-samping-bahaya-air-rebusan-daun.html

😡
☹️
😐
☺️
😍

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter