Dopamin Adalah

05 July 2017 - Kategori Blog

Dopamin Adalah

Dopamin yaitu satu neurotransmitter yang terbentuk di otak serta organ badan lain. Neurotransmiter yaitu senyawa yang menghantarkan tanda atau rangsangan antar sel saraf atau pada sel saraf dengan sel yang lain.

 

FUNGSI

Awalannya dopamine di kenal jadi neurotransmitter yang menghantarkan tanda cuma didalam otak. Tetapi dopamine juga di ketahui mempunyai peranan untuk organ-organ lain. Didalam otak (susunan saraf pusat), dopamine mempunyai peranan dalam mengatur gerakan, evaluasi, daya ingat, emosi, rasa suka, tidur, serta kognisi.

Dopamin juga bertindak dalam organ ginjal, pankreas, paru-paru serta pembuluh darah. Di ginjal, dopamine di kenal jadi pengatur pengeluaran garam serta kesimbangan elektrolit. Sesaat pada paru-paru, dopamine mengakibatkan penyerapan garam serta cairan. Pada pembuluh darah serta jantung, dopamine mengakibatkan pembuluh darah berkontraksi hingga tingkatkan desakan darah serta denyut jantung. Dopamine mengakibatkan penghalangan dalam pengeluaran asam lambung, serta penambahan insulin serta glucagon dalam darah. Insulin serta glucagon yaitu hormon yang berperan dalam mengatur kandungan gula darah.

KELAINAN

Kekurangan dopamine didalam badan bisa mengakibatkan stress, masalah alur tidur, nafsu makan alami penurunan, dan masalah seksual, mood, serta susunan saraf pusat.

Depresi

Beberapa gejala depresi pada seorang mencakup kehilangan rasa suka, terasa tidak mempunyai tenaga serta jadi apati (lebih pasif).

Restless legs syndrome

Muncul rasa tidak nyaman pada kaki waktu tidak melakukan aktivitas, kemudia menghilang dengan gerakan, tanda-tanda dirasa lebih berat waktu sore hari. Pada sindrom ini muncul gerakan kaki yg tidak diakui waktu tidur.

Masalah konsentrasi serta ADHD (Attention Deficit Hyperactive Disorder)

Kandungan dopamine yang rendah mengakibatkan masalah memikirkan, berkonsentrasi serta konsentrasi. ADHD adalah satu kelainan yang biasanya berlangsung pada anak kecil di mana ada masalah berkonsentrasi serta begitu hiperaktif.

Penyakit Parkinson serta kehilangan kontrol motorik

Tanda-tanda yang nampak seperti kekakuan otot, kehilangan keseimbangan, gerakan jadi lambat, gemetar (tremor), serta masalah bicara.

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter