Daur Fosfor

05 July 2017 - Kategori Blog

Daur Fosfor

 

Daur fosfor berjalan lewat sebagian bagian panjang mencakup pelapukan batuan fosfor, pemakaian fosfor oleh tanaman serta hewan, penguraian fosfor organik, serta sedimentasi fosfor. Tersebut disini keterangan dari semasing bagian itu.

  1. Pelapukan Batuan Fosfor

Beberapa besar ketersediaan fosfor di alam bersumber dari hasil pelapukan batuan fosfat. Batuan fosfat melapuk karna dampak pergantian cuaca, suhu, serta air hujan. Air hujan membawa ion-ion fosfor yang datang dari batuan ke tanah hingga dapat digunakan oleh tanaman.

  1. Daur Fosfor pada Tanaman serta Hewan

Ion-ion fosfat anorganik dari hasil pelapukan batuan yang dibawa oleh air hujan bakal terserap ke tanah. Ion-ion fosfor ini lalu diserap tumbuhan lewat perakaran serta dipakai untuk pertumbuhannya. Sebagian hewan serta manusia yang mengonsumsi tumbuhan juga otomatis sudah memasukan fosfor kedalam badannya. Begitu juga dengan bagian rantai makanan setelah itu.

  1. Penguraian Fosfor Organik

Tumbuhan, hewan, organisme yang mati, dan feses, serta urinenya terurai jadi fosfat organik lewat pertolongan bakteri. Dalam daur fosfor, fosfat ini lalu bakal kembali tersimpan kedalam tanah untuk lalu diserap oleh tumbuhan jadi hara untuk pertumbuhannya.

  1. Sedimentasi Fosfor

Beberapa kecil fosfor yang dibuat dari sistem pelapukan juga terbawa oleh aliran air menuju tempat paling rendah. Laut, dalam soal ini yaitu tempat terjadinya sedimentasi fosfor yang dibawa air lewat alirannya. Sedimentasi ini digunakan oleh ganggang serta sebagian tumbuhan air untuk pertumbuhannya. Ikan-ikan serta organisme tingkat tinggi yang mengonsumsi hasil dari tumbuhan air serta ganggang juga sudah ambil sisi dalam daur fosfor ini. Mereka memakai fosfor untuk pertumbuhannya, tersimpan didalam jaringan badannya, serta bakal terurai waktu mereka mati.

  1. Pengangkutan Fosfor dari Laut ke Darat

Di beberapa tempat spesifik, burung guano yang mengonsumsi ikan-ikan laut sudah sukses mengangkut fosfor dari lautan ke darat. Mereka memangsa ikan di ekosistem laut yang memiliki kandungan banyak fosfor serta merubahnya jadi feses yang begitu kaya fosfor. Feses guano ini umum diketemukan di goa-goa di daratan serta begitu baik dipakai jadi pupuk tanaman.

Nah, tersebut sebagian bagian yang dilewati dalam daur fosfor. Daur fosfor memegang peran utama dalam berlangsungnya kehidupan serta tercapainya keseimbangan ekosistem. Bila ada satu komponen saja yang rusak dalam daur fosfor ini, makan keseimbangan ekosistem pasti bakal terganggu

 

😑
☹️
😐
☺️
😍

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter