Daun Dewa

06 July 2017 - Kategori Blog

Daun Dewa

Daun Dewa memiliki nama latin (Gynura divaricata), orang China memanggilnya Samsit. Tinggi tanaman ini sekitaran 30-40 cm, adalah tumbuhan tegak, batang daun pendek lunak berupa sisi lima, dengan penampang berupa lonjong serta memiliki rambut pada bagian luar.

Daun Dewa mempunyai panjang 20 cm, lebar 10 cm, dengan tangkai pendek, bulat lonjong berdaging, berbulu halus, ujung daunnya lancip, bertoreh pada pinggir daun dan warna hijau keunguan. Daun dewa juga mempunyai bunga majemuk yang tumbuh di ujung batang, berkelopak hijau berupa cawan, serta benang sari berwarna kuning berupa jarum.

Perkembangbiakan

Tumbuh di daerah dengan ketinggian 200-800 mtr. diatas permukaan air laut (dpl), daun dewa berkembang biak dengan umbi atau stek batang.

Seringkali apabila perlakuan tidak pas, daun dewa mungkin diserang hama. Satu diantara hama yang seringkali menyerang daun dewa yaitu kutu putih. Usaha pengendalian hama bisa memakai pestisida alami atau pestisida nabati. Kita bisa buat sendiri pestisida nabati memakai daun mimba, akar tuba, serta tembakau. Lewat cara ditumbuk halus, lantas di rendam air serta dilewatkan semalaman. Esok harinya ramuan itu disaring, lalu dicampurkan dengan air hangat. Akhirnya disemprotkan pagi atau sore hari saat cuaca cerah, tidak hujan, yang bakal menyingkirkan manfaat penghilang hamanya. Jauhi penyemprotan pada siang hari, karna cahaya matahari yang terik bisa menguraikan bahan aktif pestisida organik itu.

Jenis pupuk yang bisa dipakai untuk tanaman daun dewa yaitu pupuk kandang yang datang dari kotoran sapi, kambing, kerbau maupun ayam, serta pupuk organik atau yang alami seperti kompos.

Daun dewa bisa dipanen sesudah memiliki penampang daun yang lebar berwarna hijau tua serta berupa prima. Pengambilan daun dengan memakai pisau yang sudah dibikin bersih, sedang panen umbi bisa dikerjakan sesudah tanaman berusia 6-8 bln.. Pada usia itu umbi telah siap untuk disemai manfaat perbanyak tanaman daun dewa.

Kandungan

Sisi yang dipakai untuk fasilitas penyembuhan yaitu daunnya yang memiliki kandungan senyawa flavonoid, saponin, serta minyak atsiri.

Faedah

– Analgesik (meredakan rasa nyeri) – Anti Inflamasi (anti radang) – Manfaat daun dewa memperlancar aliran darah. – Daun dewa dipakai untuk obat turunkan desakan darah tinggi. – Manfaat daun dewa menyembuhkan luka memar. – Daun dewa jadi obat pereda rasa nyeri. – Manfaat daun dewa jadi obat anti radang. – Daun Dewa obat untuk hentikan pendarahan. – Manfaat daun dewa jadi obat meluruhkan kencing. – Daun dewa yaitu obat penurun panas. – Manfaat daun dewa jadi obat kencing manis atau diabetes mellitus. – Daun dewa obat pembersih toksin pada badan

 

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter