Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

22 October 2018 - Kategori Blog

Kolesterol sampai kini dipandang negatif. Beberapa orang hindari makanan berkolesterol, bisa mengakibatkan penyakit jantung, tuturnya. Ini mungkin benar tetapi juga bisa tidak. Tapi, tahukah Anda sebetulnya apakah itu cholesterol? Benarkah seburuk yang Anda pikirkan? Cari info semua mengenai cholesterol termasuk juga, tanda-tanda, pemicu, obat cholesterol tinggi, sampai obat herbal cholesterol dalam artikel ini.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Selintas mengenai cholesterol
Cholesterol ialah lilin, seperti lemak, yang diketemukan pada semua sel pada tubuh. Zat ini mungkin seringkali dilihat negatif sampai kini. Hampir kebanyakan orang berasumsi makanan berkolesterol tinggi mesti dijauhi. Akan tetapi, tahukah Anda sebetulnya cholesterol diperlukan oleh badan?

Ya, badan memerlukan zat ini untuk bikin hormon (seperti hormon testosteron, kortisol, serta estrogen), vitamin D, serta asam empedu untuk menolong mengolah lemak dari makanan. Badan sendiri sebetulnya dapat membuat semua zat itu sesuai dengan keperluan, tetapi ini mungkin cuma dalam jumlahnya kecil.

Umumnya cholesterol yang ada pada badan mungkin Anda temukan dari mengkonsumsi makanan. Hati akan menghasilkan semakin banyak zat ini bila Anda banyak konsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak jemu serta lemak trans. Perihal ini lalu bisa mengakibatkan cholesterol dalam darah Anda jadi tinggi.

batas normal cholesterol

Kenal ketidaksamaan LDL serta HDL
Cholesterol berjalan lewat saluran darah berbentuk lipoprotein. Lipoprotein terbuat dari lemak dibagian dalamnya serta protein dibagian luarnya. Nah, ada dua type lipoprotein yang membawa cholesterol ke semua badan Anda, yakni:

Low density lipoprotein (LDL) yang dikenal juga menjadi cholesterol jahat. Penimbunan HDL yang tinggi pada tubuh bisa mengakibatkan pembuluh darah arteri (yang membawa darah dari jantung ke semua badan) terhalang. Perihal ini lalu bisa mengakibatkan penyakit jantung atau stroke.
High density lipoprotein (HDL) yang dikenal juga menjadi cholesterol baik. HDL membawa cholesterol dari anggota badan lainnya kembali pada hati. Lalu oleh hati, zat ini akan dipecah serta di hilangkan dari badan. Jumlahnya HDL yang tambah tinggi dibanding LDL pada tubuh adalah perihal yang baik untuk kesehatan serta bisa menolong menahan Anda dari penyakit akut.
Kandungan cholesterol normal pada tubuh
Terpenting buat Anda untuk periksakan kandungan cholesterol LDL serta HDL pada tubuh. Perihal ini adalah salah satunya langkah untuk lakukan mencegah pada penyakit akut, seperti penyakit jantung serta stroke. Kandungan cholesterol dalam darah sekurang-kurangnya diukur sekali tiap-tiap lima tahun pada tiap-tiap orang yang berumur diatas 20 tahun, tes ini biasa dimaksud dengan profile lipid.

Tes profile lipid bisa tunjukkan jumlahnya cholesterol keseluruhan yang ada pada badan, jumlahnya LDL, jumlahnya HDL, serta jumlahnya trigliserida. Batasan untuk tiap-tiap type tes ini ialah:

Kandungan cholesterol keseluruhan yang baik dalam darah ialah kurang dari 200 mg/dl, termasuk juga dalam kelompok tinggi jika kadarnya sampai 240 mg/dl atau lebih.
Kandungan LDL yang baik dalam darah ialah kurang dari 100 mg/dl, serta akan membahayakan kesehatan Anda jika kadarnya sampai 160 mg/dl atau lebih.
Kandungan HDL yang baik pada tubuh ialah 40 mg/dl atau lebih, serta bisa disebutkan rendah jika kadarnya kurang dari 40 mg/dl.
Kandungan trigliserida yang baik dalam darah ialah kurang dari 150 mg/dl, serta termasuk juga dalam kelompok tinggi jika kadarnya sampai 200 mg/dl atau lebih.
Pemicu seorang alami cholesterol tinggi
Kandungan LDL serta HDL pada tubuh dapat di pengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya ialah:

Makanan yang Anda makan. Konsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak jemu serta lemak trans bisa mengakibatkan kandungan LDL Anda bertambah. Contoh makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi ialah, gorengan, ayam dengan kulit, daging berlemak, serta fast food.
Memiliki berat tubuh berlebihan. Orang yang memiliki berat tubuh berlebihan atau obesitas condong memiliki kandungan LDL yang tinggi.
Umur.Makin tua seorang, jadi makin naik kandungan LDL-nya. Perihal ini mungkin di pengaruhi oleh pergantian manfaat serta metabolisme badan yang semakin alami penurunan. Hingga tidaklah heran orang yang lansia akan mempunyai jumlahnya LDL yang semakin besar dibanding orang yang lebih muda. Kandungan LDL akan mulai bertambah sesudah Anda masuk umur 20 tahun.
Kurang berolahraga. Berolahraga nyatanya dapat menolong tingkatkan kandungan HDL dan membuat LDL jadi kurang beresiko, lewat cara tingkatkan ukuran partikel yang membuat LDL.
Kisah keluarga. Jika bagian keluarga Anda ada yang mempunyai kisah cholesterol tinggi, Anda kemungkinan alami hal sama. Orang kurus yang memiliki keturunan cholesterol tinggi juga bisa saja memiliki cholesterol yang tinggi juga. Jadi, penyakit ini bukan sekedar dapat dipunyai oleh orang gemuk saja, janganlah salah.
Genetik bisa mengatur sel supaya tidak menghilangkan LDL dalam darah secara cepat atau dapat juga mengakibatkan hati membuahkan kebanyakan LDL. Oleh karenanya, bila Anda memiliki keturunan cholesterol tinggi, semestinya kontrol beberapa faktor yang dapat dirubah (seperti mengawasi konsumsi makan serta olahraga).

😡
☹️
😐
☺️
😍