Cacar Ular

09 July 2017 - Kategori Blog

Cacar Ular

Orang-orang telah mengetahui dengan baik penyakit cacar air yang seringkali menyerang anak-anak, tetapi belum juga banyak yang mendengar mengenai cacar ular atau herpes zoster. Dimaksud cacar ular karna kelainan kulitnya tersusun memanjang seperti ular.

Apakah herpes zoster adalah penyakit kelamin?

Herpes zoster kerapkali disalahartikan dengan herpes genital yang disebut penyakit kelamin, walau sebenarnya penyakit ini sekalipun tidak terkait dengan tingkah laku seksual.

Apa penyebabnya cacar ular?

Cacar ular dikarenakan oleh virus varisela zoster yang adalah penyebabnya cacar air. Waktu seorang pulih dari cacar air, umumnya ada virus yang tinggal di saraf tanpa ada menyebabkan yang dirasakan. Kondisi ini bisa berjalan bertahun-tahun sampai satu waktu virus ini aktif kembali, mengakibatkan kerusakan saraf, serta menyebabkan yang dirasakan kulit (reaktivasi).

Bagaimana reaktivasi bisa berlangsung?

Penyebabnya tentu reaktivasi belum juga di ketahui dengan tentu, tetapi umumnya dicetuskan oleh stress fisik atau emosional, dan berkurangnya ketahanan badan. Umumnya reaktivasi berlangsung cuma pada satu tempat serabut saraf yang panjang hingga menyebabkan deskripsi seperti ular.

Yang unik dari penyakit ini yaitu cuma menyerang satu bagian badan. Ada mitos yang menyebutkan kalau apabila seorang terserang cacar ular serta yang dirasakan kulit di ke-2 bagian tubuh berjumpa, orang itu juga akan wafat. Mitos ini sudah pasti salah karna cacar ular tidak sempat menyerang dua bagian badan.

Apakah cacar ular cuma menyerang orangtua?

Cacar ular bisa berlangsung di semua umur, tetapi seringkali menyerang individu diatas umur 60 th.. Makin tua seseorang terserang cacar ular, makin berat penyakit yang ditimbulkannya.

Apa sinyal serta tanda cacar ular?

Penyakit ini bisa didahului oleh tanda infeksi virus pada umumnya yakni demam enteng, sakit kepala, mual, muntah, serta kelelahan. Karna rusaknya paling utama berlangsung pada saraf, jadi umumnya tanda kulit awal yang dirasa pasien yaitu rasa nyeri, cekit-cekit, gatal enteng, atau sensasi rasa tidak nyaman apabila terserang sentuhan enteng (umpamanya baju atau angin). Dalam sekian hari juga akan keluar lepuh kecil seperti lepuh pada cacar air diatas kulit yang memerah, yang juga akan

selekasnya pecah serta jadi kering jadi koreng kehitaman. Apabila tidak diobati, yang dirasakan ini juga akan menyebar serta rasa nyeri yang diakibatkan bisa makin hebat.

Apakah cacar ular bisa pulih sendiri?

Ya, penyakit ini bisa pulih sendiri dalam 2-3 minggu, tetapi tingkatkan resiko komplikasi berbentuk nyeri yang tinggal walaupun kulit telah terlihat normal (post herpetic neuralgia).

Bagaimana menyembuhkan cacar ular?

Kunci pengobatan paling utama dari penyakit ini yaitu istirahat yang cukup

Dokter juga akan memberi obat antivirus serta obat pembasmi rasa nyeri

Obat penekan radang bisa diberi apabila teradapat sinyal peradangan hebat atau reaktivasi berlangsung di dekat organ perlu seperti mata atau telinga.

Perlu untuk pasien untuk tetaplah melindungi kebersihan dengan mandi 2 x /hari serta janganlah menggaruk atau memecahkan lepuh dengan sengaja

Kompres dengan air dingin bisa dikerjakan untuk menolong menangani rasa nyeri atau gatal

😑
☹️
😐
☺️
😍