Bunga Kenanga

08 July 2017 - Kategori Blog

Bunga Kenanga

Kenanga (bhs Latin : Cananga odorata) yaitu nama untuk semacam bunga serta pohon yang menghasilkannya. Ada dua forma kenanga, yakni macrophylla, yang di kenal jadi kenanga umum, serta genuina, di kenal jadi kenanga filipina atau ylang-ylang. Diluar itu, masih tetap di kenal juga kenanga perdu (Cananga odorata fruticosa), yang banyak ditanam jadi hiasan di halaman tempat tinggal.

Cananga odorata fa. macrophylla tumbuh secara cepat sampai lebih dari 5 mtr. per th. serta dapat menjangkau tinggi rata-rata 12 mtr.. Batang pohon kenanga lurus, dengan kayu keras serta pas untuk bahan peredam nada (akustik). Membutuhkan cahaya matahari penuh atau beberapa, serta lebih suka pada tanah yang mempunyai kandungan asam didalam habitat aslinya didalam rimba tadah hujan. Daunnya panjang, halus serta bercahaya. Bunganya hijau kekuningan (ada pula yang bersemu dadu, namun tidak sering), menggelung seperti bentuk bintang laut, serta memiliki kandungan minyak biang, cananga oil yang wangi.

Ylang-ylang juga berbentuk pohon, namun tidak setinggi pohon kenanga umum. Kenanga perdu yang umum ditanam di halaman tempat tinggal, cuma dapat tumbuh tertinggi tiga mtr..

Kenanga umum adalah tumbuhan asli di Indonesia serta ylang-ylang tumbuhan asli Filipina. Kenanga umum juga ditanam di Polinesia, Melanesia, serta Mikronesia. Di Indonesia, bunga kenanga banyak tempati peranan didalam upacara-upacara spesial umpamanya dalam upacara perkawinan.

 

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter