Bawang Dayak

09 July 2017 - Kategori Blog

Bawang Dayak

Bawang dayak datang dari rimba Kalimantan Barat mempunyai manfaat dahsyat dalam penyembuhan bermacam penyakit. Tetapi si umbi ajaib ini belum juga banyak di kenal orang-orang luas hingga baru beberapa saja yang memakai keampuhannya. Walau sebenarnya, tidak kurang 43 kasiat didapat manusia bila konsumsi bawang dayak. Tersebut penjelasannya.

Orang-orang Dayak umum mengatakannya dengan “bawang rimba atau bawang kambe” telah lama digunakan orang-orang setempat untuk penyembuhan bermacam penyakit.

Kandungan senyawa aktif dalam bawang dayak begitu komplit hingga begitu lumrah khasiatnya banyak. Senyawa ini mencakup alkaloid, steroid, glikosida, flavonoid, fenolik, tanin, serta saponin. Satu diantara senyawa ini, yakni flavonoid bisa bermanfaat jadi antikanker, antiviral, anti-inflamasi, kurangi resiko penyakit kardiovaskular, dan penangkap radikal bebas.

Kemampuan kesibukan anti-oksidan senyawa flavonoid bergantung pada jumlah serta tempat dari gugus OH dalam molekul flavonoid. Makin banyak gugus OH, kesibukan antiradikalnya makin tinggi.

Sebagian riset serta pengujian sudah dikerjakan untuk menunjukkan manfaat bawang dayak. Salah satunya oleh Fakultas Farmasi ITB Bandung yang membahas dampak pemrosesan simplisia pada kandungan metabolit paling utama bawang dayak. Bawang dayak bisa dipakai segera dengan fresh atau dikeringkan.

Untuk memperoleh manfaat maksimum, baiknya bawang dayak didapat saat pertumbuhannya menjangkau puncak vegetatif, yakni saat baru keluar kuncup bunga.

Naiknya popularitas bawang dayak begitu beralasan karna di dukung oleh bukti-bukti akurat yang sudah rasakan manfaat dahsyat si umbi ajaib ini. Satu diantaranya dihadapi oleh Ibu Titiek Sri Rahayu, asal Jakarta. Ia coba konsumsi bawang dayak sesudah divonis menanggung derita kanker payudara oleh dokter.

Saat itu, dokter menyarankannya untuk melakukan operasi pengangkatan payudara. Ia rajin mengkonsumsinya sejumlah 3 kali satu hari, yakni waktu pagi, siang, serta sore. Alhamdulillah, tonjolan yang awal mulanya 7 cm x 4 cm tinggal sebesar kacang tanah. Ia rasakan benar khasiatnya dengan melihat penyusutan massa tonjolannya dari waktu ke waktu.

Manfaat bawang dayak bisa mengobati beragam penyakit, dari mulai yang enteng sampai penyakit beresiko, bahkan juga mematikan. Umpamanya, diabetes mellitus, jantung koroner, hipertensi, tuberkulosis, bronkitis, radang rektum, asam urat, radang prostat, ambeien, peluruh lemak, bisul, hepatitis, serta peningkat gairah seksual.

AgroMedia Pustaka menerbitkan buku Bawang Dayak Si Umbi Ajaib Penakluk Bermacam Penyakit yang juga akan mengulas dengan selesai mengenai bawang dayak ini. Buku ini disusun Ni Luh Indrawati, S. Farm., Apt. serta Razimin, S. Si., Apt.

Di dalamnya diterangkan dari mulai mengetahui bawang dayak jadi mutiara Borneo yang mempunyai segudang manfaat, kajian ilmiah bawang dayak, faedah bawang dayak untuk menumpas bermacam penyakit, tehnik peracikan untuk penyembuhan, sampai ramuan bawang dayak dengan khusus untuk 23 type penyakit enteng serta berat, seperti kanker, diabetes, jantung, hipertensi,

hepatitis, TBC, bronkitis, sinusitis, radang, asam urat, rematik, infeksi, gondok, pencernaan, ambeien, nyeri haid, bisul, kewanitaan, serta peningkat gairah seksual.

Ada pula beberapa orang mengatakannya jadi Bawang Berlian atau Bawang Arab. Bawang Sabrang memerlukan prasyarat hidup di ketinggian pada 600 – 2000 m dpl. Begitu pas apabila ada pada tempat yang kaya belerang. Bentuk serta warnanya lebih serupa bawang merah lanang.

Tanamannya sendiri mempunyai ciri daunnya berupa pita selama 15-20 cm, lebar 3-5 cm serupa palem dengan tulang daun sejajar. Bunga berwarna putih dengan kelopak sejumlah lima. Masyarakat lokal di Kalimantan telah memakai tanaman ini jadi obat tradisionil. Sisi yang bisa digunakan pada tanaman ini yaitu umbinya.

Manfaat Bawang Dayak

Bawang Dayak/Borneo bisa menolong pengobatan beragam type penyakit, diantaranya :

  1. Amandel
  2. Ambeien
  3. Asam Urat
  4. Asma
  5. Bisul
  6. Bronkhitis
  7. Darah Rendah
  8. Diabetes Melitus
  9. Epilepsi
  10. Masalah Pencernaan Lambung

Beberapa pakar memiliki pendapat kalau anti-oksidan dapat mereduksi resiko penyakit kritis seperti kanker serta penyakit jantung. Pemakaian anti-oksidan alami sekarang ini dipandang lebih aman karna anti-oksidan alami didapat dari ekstrak tanaman. Anti-oksidan alami yang ada pada tanaman diantaranya grup flavonoid berbentuk senyawa polifenol. bawang dayak mempunyai grup flavonoid.

Di dalam rujukan Buku Tanaman Obat Indonesia dijelaskan kalau kandungan Bawang Tiwai ini mencakup : Polifenol, Tanin, Alkaloid, Saponin, Triterpenoid, Stroid, GlIkosida, Fenolik serta Flavonoid (kandungan senyawa yang lain tetap dalam riset). Telah mulai sejak lama bawang dayak digunakan jadi obat bermacam penyakit. Meski begitu, studi tentang faedah bawang dayak untuk kesehatan masih tetap belum juga banyak dikerjakan.

Bawang dayak untuk obat hipertensi serta diabetes

Menurut Prof Dr Sidik Apt (guru besar emiritus Fakultas Farmasi Kampus Padjajaran) bawang dayak memiliki kandungan alisin. Senyawa berikut yang berguna turunkan desakan darah serta turunkan kekentalan darah.

Kandungan naphtoquinones dalam bawang dayak di kenal jadi antimikroba, antifungal, antivirial, serta antiparasitik. Diluar itu, naphtoquinones mempunyai bioaktivitas jadi antikanker serta anti-oksidan.

 

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter