Bagian Jantung

10 July 2017 - Kategori Blog

Bagian Jantung

Jantung yaitu organ dalam manusia yang begitu vital, karna jantung berperan dalam system peredaran darah. Yang mengedarkan darah yang memiliki kandungan oksigen serta sari makanan. Jika system peredaran darah itu berhenti, manusia pastinya akan mati. Jantung terdapat di rongga dada agak samping kiri tubuh. Jantung pada manusia terbagi

jadi 4 ruas, yakni atrium atas kanan serta kiri dan ventrikel bawah kanan serta kiri. Pada jantung juga ada bagian-bagian yang mempunyai peranan. Sisi – sisi tersebut di antaranya :

  1. Atrium (Serambi)

Ada dua atrium pada jantung, yakni atrium kiri (serambi kiri) serta atrium kanan (serambi kanan). Atrium yaitu dua ruas tertinggi dari empat ruas paling utama pada jantung. Peranan atrium kiri yaitu adalah terima darah dari paru-paru yang kaya oksigen serta membawanya ke ventrikel kiri. Sedang, peranan atrium kanan yaitu terima darah dari semua tubuh yang kaya karbon dioksida lalu membawanya ke ventrikel kanan.

  1. Ventrikel (Bilik)

Ventrikel atau umum dimaksud bilik yaitu dua ruas dibagian bawah jantung. Ada dua jenis ventrikel, yakni ventrikel kiri (bilik kiri) serta ventrikel kanan (bilik kanan). Peranan ventrikel kiri yaitu terima darah dari atrium kiri serta membawanya ke semua tubuh. Peranan ventrikel kanan yaitu terima darah dari atrium kanan serta membawanya ke paru-paru.

  1. Aorta

Aorta yaitu arteri paling besar pada badan manusia. Aorta terdapat dibagian atas jantung. Peranan aorta yaitu untuk membawa darah yang memiliki kandungan oksigen dari ventrikel kiri ke semua tubuh.

  1. Arteri Pulmonalis

Arteri pulmonalis yaitu arteri yang mengangkut darah dari jantung ke paru-paru. Peranan arteri pulmonalis yaitu untuk ganti karbon dioksida serta uap air yang ada pada darah dengan oksigen.

  1. Katup Aorta

Katup aorta yaitu katup yang memisahkan pada aorta dengan ventrikel kiri. Katup bisa terbuka serta tertutup dikarenakan perubahan desakan darah pada ke-2 bagian katup. Peranan katup aorta yaitu untuk menghindar darah mengalir ke arah yang salah

  1. Vena Kava Inferior (Sisi bawah)

Vena kava inferior atau vena cava inferior yaitu vena paling besar pada badan manusia. Peranan vena kava inferior yaitu membawah darah dari sisi bawah tubuh ke atrium kanan jantung.

  1. Vena Kava Superior (Sisi atas)

Vena kava superior yaitu vena besar pada badan. Terdapat dibagian atas jantung. Peranan vena kava superior yaitu untuk membawa kembali darah yang kaya karbon dioksida dari semua tubuh sisi atas ke jantung.

  1. Vena pulmonalis

Vena pulmonalis yaitu vena yang membawa darah yang kaya oksigen dari paru-paru ke jantung, persisnya di atrium kiri. Ukurannya lebih kecil dari vena cava. Vena pulmonalis terbagi dalam vena pulmonalis kanan serta vena pulmonalis kiri. Peranan vena pulmonalis yaitu untuk membawa darah kaya oksigen kembali pada jantung untuk lalu diedarkan ke semua tubuh.

  1. Katup Trikuspid

Katup trikuspid yaitu katup yang terbagi dalam dari tiga daun katup. Katup ini bisa terbuka bila sistole berkontraksi serta bisa tutup kembali. Peranan katup trikuspid yaitu, untuk memisahkan atrium kanan serta ventrikel kanan serta menolong mengalirkan darah yang mempunyai sedikit oksigen dari atrium kanan ke ventrikel kanan.

  1. Katup Mitral

Katup mitral atau bicuspid yaitu katup yang memisahkan atrium kiri serta ventrikel kiri. Katup ini bisa terbuka saat darah yang kaya oksigen di atrium kiri akan mengalir ke ventrikel kiri. Peranan katup mitral yaitu,, untuk menghindar darah yang sudah ada di ventrikel kiri kembali pada atrium kiri.

  1. Otot Papiler

Peranan otot papiler yaitu, membuat perlindungan katup mitral serta katup trikuspid ketika berperan. Yakni dengan melindungi atau menghindar keadaan kebocoran darah kembali pada atrium dari ventrikel.

 

😑
☹️
😐
☺️
😍

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter