Masalah Wajah Pada Masa Kehamilan Beserta Perawatannya

31 January 2017 - Kategori Blog

Hormon yang tidak stabil pada masa kehamilan dapat menimbulkan berbagai permasalahan, termasuk kulit. Nah pasti Bunda tetap ingin wajahnya terlihat cantik dan sehat kan? Tapi jangan sampai salah memilih produk kecantikan serta kandungannya yah karena akan berpengaruh juga terhadap janin. Saat hamil, Bunda akan mengalami perubahan hormon secara fisiologissehingga dapat menimbulkan gangguan kulit seperti jerawat, flek dan gangguan pigmentasi.

Nah atas dasar inilah Bunda harus berhati-hati dalam memilih jenis perawatan pada masa kehamilan karena tidak semua produk kecantikan dan jenis perawatan yang cocok untuk ibu hamil. Sering-seringlah untuk menanyakan kepada dokter anda dan jangan malas untuk mencari informasi yah Bunda.
Lalu bagaimana sih caranya merawat wajah pada masa kehamilan? Pertama kita kenali dulu yuk permasalahan wajah yang terjadi pada masa kehamilan.

Masalah Wajah Pada Masa Kehamilan

Masalah Wajah Pada Masa Kehamilan Beserta Perawatannya

Timbulnya Jerawat

Timbulnya jerawat pada masa kehamilan merupakan hal yang wajar terjadi, mulai dari jerawat yang ringan hingga yang parah. Hal tersebut dipengaruhi oleh hormon androgen yang meningkat dan memicu kelenjar sebaceous yang memproduksi sebum dan minyak berlebih di wajah yang akhirnya menimbulkan jerawat tersebut.

Untuk mengatasi timbulnya jerawat, anda dapat menggunakan obat oles seperti azelaic acid, kemudian obat oles yang mengandung glycolic acid, alpha hydroxy acid atau sulfur. Nah untuk perawatan sehari-hari yang dapat dilakukan adalah menjaga kebersihan wajah dengan menggunakan kosmetik yang berbahan dasar air atau waterbase, menggunakan bedak tabur yang lebih ringan digunakan serta memilih foundation yang khusus untuk jenis kulit berminyak.

Baca Juga : Makanan Yang Pantang Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Timbul bercak pada wajah/ Chloasma

Bercak kehitaman pada wajah biasanya timbul pada wajah wanita hamil yang berkulit gelap. Bercak tersebut disebabkan karena peningkatan hormon progesteron, esterogen dan MSH atau hormon pemicu melanosit yaitu sel kulit yang menghasilkan pigmen.

Nah hal-hal inilah yang menyebabkan kulit menjadi lebih gelap sehingga menimbulkan bercak yang banyak di temukan pada bagian pipi, kening, bibir dan hidung. Sebenarnya bercak pada wajah dapat menghilang setelah proses kehamilan usai, namun ada cara-cara yang dapat digunakan untuk mencegahnya yaitu dengan memakai tabir surya dengan kandungan SPF 30 atau lebih, semakin tinggi kadar SPF nya maka akan semakin baik dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu harus rajin membersihkan atau mencuci wajah dengan kosmetik yang berbahan ringan. Tak hanya itu, untuk menyempurnakan riasan bunda, dapat digunakan concealer atau foundation yang Bunda miliki.

Nah itulah 2 Masalah Wajah Pada Masa Kehamilan Beserta Perawatannya. Untuk cara perawatan yang tepat konsultasikan dengan dokter yah Bunda karena kondisi kulit setiap orang berbeda. Tetap cantik dan sehat yah.

Comments are closed.

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter