Makanan Yang Pantang Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

30 January 2017 - Kategori Blog

Memiliki buah hati memang menjadi impian darisetiap pasangan suami istri. Ketika kehamilan itu datang, berbagai cara haruslah dilakukan demi menjaga kesehatan dan kondisi dari janin tersebut. Salah satunya ialah menjaga pola makan. Ibu hamil tidak boleh lagi menyantap makanan sembarangan seperti sebelum mengandung.

Nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil haruslah tercukupi. Lalu apa sajakah nutrisi yang dibutuhkan tersebut? Ada asam folat yang berperan dalam mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf. Disarankan untuk mengkonsumsi asam folat sebanyak 400 mcg per harinya.

Makanan Yang Pantang Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Nah kandungan asam folat ini dapat ditemukan pada sayuran hijau dan pepaya. Kemudian nutrisi yang dibutuhkan selanjutnya adalah zat besi. Zat besi tersebut dapat diperoleh dari sayur bayam. Tidak hanya itu, ada juga kalsium yang tidak hanya berguna untuk gigi dan tulang namun nutrisi ini ternyata juga penting bagi perkembangan otot dan jantung. Dianjurkan untuk mengkonsumsi kalsium sebanyak 1000 mg per harinya yang dapat diperoleh dari sayur brokoli.

Nutrisi yang selanjutnya adalah kalium yang berperan dalam mendukung fungsi otot, saraf dan sel dalam tubuh, juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dan tekanan darah. Dianjurkan untuk mengkonsumsi kalium sebanyak 2000 mg per harinya yang didapat daari buah-buahan yang mengandung kalium tinggi seperti jeruk, pisang, semangka dan melon. Dan yang terakhir adalah magnesium.

Dalam tubuh, magnesium diperlukan untuk perbaikan jaringan, mengatur kadar gula dalam darah dan sebagai bahan penunjang dalam pembentukan tulang dan gigi. Diperlukan 300 mg per hari dengan mengkonsumsi labu yang merupakan sayuran dengan kandungan magnesium terbaik.

Setelah mengetahui apa saja yang baik bagi ibu hamil, ternyata banyak pula pantangannya dalam menyantap makanan. Mari kita simak apa saja yang menjadi pantangannya.

Makanan Yang Pantang Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Makanan Laut Dengan Kandungan Merkuri Tinggi

Meskipun makanan laut adalah sumber nutrisi yang baik bagi tubuh apalagi kandungan protein dan omega-3nya yang cukup tinggi, namun ada beberapa makanan laut yang mengandung merkuri yang tinggi kadarnya seperti yang ditemukan pada ikan yang umurnya tua dan berukuran besar. Contohnya, ikan pesut, hiu dan tenggiri. Sebaiknya pilihlah makanan laut seperti udang, salmon, ikan trout dan teri

Daging Dan Telur Yang Tidak Matang

Mengapa dilarang mengkonsumsi makanan yang tidak matang? Karena makanan tersebut tentu mengandung bakteri namun dapat hilang dengan proses pemanasan hingga 100°C. Namun perlu diingat bahwaibu hamil haruslah tetap waspada karena tetap rentan terhadap infeksi bakteri. Hindari telur mata sapi, sebaiknya masaklah semua bahan makanan sampai benar-benar matang.

Buah dan Sayur Yang Tidak Dicuci Dengan Baik

Hal ini harus dihindari sepenuhnya karena mungkin saja dalam sayur dan buah-buahan tersebut mengandung parasit.

Tidak dianjurkan untuk memakan buah pepaya yang kurang matang karena pada pepaya yang kurang matang masih mengandung getah yang dapat menyebabkan kontraksi rahim. Selain itu ada nanas yang merupakan buah kaya akan kandungan bromelain. Hal tersebut dapat menyebabkan reaksi alergi atau diare.

Makanan Yang Belum di Pasteurisasi

Pasteurisasi merupakan suatu proses yang dilakukan pada makanan untuk membunuh mikroorganisme yang mengkontaminasi makanan tersebut. Hindari minum jus yang belum dipasteurisasi karena mungkin saja masih mengandung bakteri salmonella. Ada juga keju lunak atau keju impor. Pada keju lunak biasanya mengandung bakteri listeria yang dapat masuk ke plasenta dan mengganggu tumbuh kembang janin.

Baca JugaCara Mengatasi Mood yang Tidak Stabil Pada Ibu Hamil

Kandungan Minuman Yang Berbahaya

Selain makanan, ternyata ada beberapa minuman yang harus dihindari pula pada saat masa kehamilan yaitu alkohol yang dapat merusak otak janin dan dapat mempengaruhi perilaku dan kemampuan daya tangkap bayi.

Selain alkohol, ada pula kafein yang harus dibatasi tingkat konsumsinya yaitu tidak lebh dari 200 mg per hari. Kafein dapat terkandung dalam minuman soda/cola, teh, kopi dan cokelat. Susu yang tidak melalui proses pasteurisasi juga dapat membahayakan bagi kehamilan dan mengandung bakteri listeria yang dapat menyebabkan keguguran.

Makanan Fermentasi

Ada pula jenis makanan yang difermentasi sehingga mengandung alkohol walaupun kadarnya tidak sebanyak minuman alkohol namun efek yang ditimbulkan juga sama. Makanan tersebut antara lain tape singkong dan tape ketan hitam

Nah itulah informasi yang dapat disajikan mengenai Makanan Yang Pantang Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil, semoga dapat membantu Bunda dalam memilih menu makanan untuk dikonsumsi setiap harinya.

Comments are closed.

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter