Cara Mengatasi Mood yang Tidak Stabil Pada Ibu Hamil

29 January 2017 - Kategori Blog

Pada masa kehamilan, hormon si Ibu akan meningkat sehingga menyebabkan mood yang berubah-ubah secara signifikan. Disuatu ketika si Ibu akan merasa sangat bahagia namun dalam sekejap akan merasa sedih. Tidak hanya itu, ibu hamil cenderung lebih cepat marah atau sensitif sehingga keadaan emosi yang berubah-ubah inilah sering kali meempengaruhi hubungan anda dengan orang terdekat. Namun jangan khawatir ya Bunda, banyak cara kok yang dapat dilakukan untuk mengatasi mood yang berubah-ubah ini. Yuk simak penjelasannya.

Cara Mengatasi Mood yang Tidak Stabil Pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Mood yang Tidak Stabil Pada Ibu Hamil

Perbaiki Komunikasi Anda dengan Orang Terdekat

Pada masa kehamilan, seringkali Bunda mengalami resah, sedih bahkan stres. Untuk menyiasatinya, hubungilah keluarga, sahabat atau kerabat dekat anda. Anda bisa menceritakan keluh kesah anda, bertukar pikiran dengan ibu atau teman yang sudah pernah melewati kehamilan.

Perbanyaklah Membaca

Untuk mengisi waktu luang, perbanyaklah membaca ya Bunda. Selain dapat mengontrol emosi yang sering naik turun, membaca juga dapat memperluas pengetahuan kan. Bacalah buku-buku yang anda suka atau yang berhubungan dengan kehamilan dan parenting. Emosi yang stabil akan membuat anda rileks dan bersemangat menunggu lahirnya sang buah hati.

Jangan Memendam Emosi, Sebaiknya Bicarakanlah

Ada kalanya kita berpikir bahwa memendam emosi itu lebih baik. Seringkali kita memendam amarah dengan tujuan agar terhindar dari pertengkaran dengan pasangan ataupun orang terdekat. Atau kita memendam kesedihan dengan tidak menangis. Sebaiknya lepaskanlah emosi tersebut, jangan terus-terusan dipendam saja tanpa dibicarakan. Misalkan kita tidak setuju dengan pendapat suami akan sesuatu hal, sebaiknya jangan hanya diam. Utarakan maksud anda dengan penyampaian dan bahasa yang baik sehingga anda dan pasangan dapat memperoleh solusi yang tepat. Lagipula dengan tidak memendam emosi tersebut dapat menghindarkan anda dari stres.

Hiburan Juga Penting Lho

Hiburan juga merupakan salah satu faktor penting dalam menjaga mood. Namun ingat, jangan mencari hiburan yang terlalu membuat anda kelelahan sehingga tidak berdampak negatif pada kehamilan. Anda dapat berjalan-jalan ringan di taman setiap pagi atau sore hari, anda dapat mengajak pasangan, sahabat atau kerabat untuk menemani anda. Anda juga dapat melakukan hobi anda, seperti menjahit, merajut, menonton film komedi dll. Carilah sesuatu yang dapat membangkitkan mood anda.

Baca Juga : Jual Obat Kecerdasan Anak Madu Anak Pintar Plus 180 Gram

Untuk Suami, Banyak kok yang bisa dilakukan

Peran pasangan ternyata juga penting untuk menigkatkan mood si Ibu hamil. Lalu apa saja yang dapat dilakukan? Karena ibu hamil cenderung lebih sensitif, tenangkanlah dia dengan cara memeluk atau sekedar mengusap kepalanya, setelah kondisinya cenderung tenang, ajaklah dia bicara dan menanyakan penyebabnya. Penting juga bagi suami untuk minta maaf terlepas salah atau tidaknya sang suami, namun hal ini tentunya mudah dilakukan kan agar si ibu dapat menjadi lebih tenang? Di saat ia suntuk, ajaklah ia bercanda atau sekedar membicarakan hal-hal yang ringan saja, mendengarkan keluh kesahnya juga saatlah berarti. Tak hanya itu, setelah keadaanya stabil ingatkanlah dia untuk selalu menjaga emosinya karena akan berdampak negatif pada bayi yang di kandungnya.

Baiklah Bunda,itulah Cara Mengatasi Mood yang Tidak Stabil Pada Ibu Hamil. Semoga dapat dipraktikan yah agar kehamilan ini dapat membahagiakan bagi Bunda.

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter